Dilansir dari WolipopDetik, tak sedikit orang yang benar-benar percaya bahwa pasta gigi dapat menyembuhkan jerawat. Tapi cara ini belum tentu efektif dan aman. Dokter spesialis kulit, Dr. Neal Schultz mengatakan pasta gigi tidak dapat menyembuhkan kulit yang berjerawat. Bahkan pasta gigi dapat menimbulkan iritasi di wajah. "Tidak ada bahan apapun dalam pasta gigi yang membuat metode ini lebih efektif dibandingkan perawatan konvensional. Bahkan bisa membuat kulit terlalu kering dan terbakar," jelas Dr. Neal, seperti dikutip dari The List.
Benarkah Pasta Gigi Bisa Kempeskan Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit
source: http://www.shape.com

Sependapat dengan Dr. Neal, dermatologist lain, Dr. Rebecca Bart juga menyatakan pasta gigi dapat membuat kulit iritasi. "Beberapa orang percaya kalau pasta gigi bisa mengeringkan jerawat, tapi sebenarnya itu karena kulit iritasi dan menimbulkan kemerahan serta terkelupas," tutur dr. Rebecca. Produk pasta gigi ketika ditotolkan ke jerawat akan memberikan efek yang mengeringkan, namun bukan berarti jerawat sudah sembuh. Hal tersebut menandakan bahwa kulit sedang mengering. Jika pasta gigi ini terus dipakai pada jerawat, akan memiliki efek samping yang panjang. Sensitivitas kulit akan meningkat, sehingga mudah iritasi dan meradang.

Benarkah Pasta Gigi Bisa Kempeskan Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

Setelah mengetahui tips mengoleskan pasta gigi ke jerawat tidaklah benar, lantas bagaimana tips mengatasi jerawat yang aman? Yuk, simak di bawah ini!

1. Rutin membersihkan wajah
Jerawat bisa muncul karena kulit sedang kotor atau Moms malas membersihkan muka. Sehingga bakteri dan kotoran menutupi pori-pori dan membentuk jerawat. Sebaiknya Moms membersihkan wajah sebelum tidur. Juga bila menggunakan makeup, bersihkan makeup terlebih dahulu dengan cleansing oil / cleansing balm, dilanjut dengan mencuci muka dengan facial wash.

Benarkah Pasta Gigi Bisa Kempeskan Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit
source: http://www.gettyimages.com

2. Pilih produk skincare yang cocok
Bisa jadi Moms berjerawat lantaran produk skincare yang tidak cocok. Salah satu ciri produk tidak cocok di wajah adalah terbentuknya jerawat. Sebaiknya hindari produk yang dikiranya mengandung kandungan yang dapat memicu jerawat di wajah Moms. Pilih produk skincare yang cocok dan sesuai dengan skin type Mom.

Jangan lupa untuk selaluu menggunakan pelembab dan tabir surya. Paparan sinar matahari ke wajah dapat menimbulkan jerawat. Sebaiknya, bila beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi seperti SPF 30 atau SPF 50

Benarkah Pasta Gigi Bisa Kempeskan Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit
source: http://www.primacare-clinics.com
baca juga

3. Gunakan obat jerawat
Dewasa ini cukup banyak produk obat jerawat yang dijual bebas di supermarket ataupun toko kosmetik. Moms bisa memilih obat jerawat yang mengandung kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, tea tree atau centella asiatica. Kandungan-kandungan ini dipercaya dapat mengobati jerawat dan mengurangi peradangan akibat jerawat. Selain obat totol jerawat, ada pula acne patch, yang bisa Moms gunakan untuk menutupi jerawat dan melindunginya dari debu dan kotoran.

Benarkah Pasta Gigi Bisa Kempeskan Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit
source: http://www.shutterstock.com

4. Gunakan masker
Masker juga berfungsi dalam meredakan jerawat. Moms bisa mencari masker yang khusus untuk meredakan jerawat atau mengandung kandungan seperti poin no. 3. Saat ini cukup banyak varian masker yang dijual. Dari masker bilas hingga sheet mask. Selain meredakan jerawat, masker juga berfungsi untuk melembabkan wajah. Gunakan masker 1 - 2 kali dalam seminggu dengan cara pakai dan ketentuan yang sesuai.

Benarkah Pasta Gigi Bisa Kempeskan Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit
source: http://www.thehealthy.com
Bila tips di atas kurang mempan dalam mengatasi jerawat, ada baiknya Moms konsultasikan ke dokter kulit. Karena tiap orang bisa memiliki permasalahan jerawat yang berbeda-beda. Dokter akan memeriksa kulit dan meresepkan obat atau treatment yang tepat untuk mengatasi jerawat.

Jangan termakan tips yang belum tentu kebenarannya ya, Moms!