Mona Ratuliu hamil anak keempat

Mona Ratuliu mengungkapkan kehamilannya yang saat ini memasuki usia 3 bulan. Namun lucunya, Mona dan sang suami, Indra Brasco sempat kaget saat awal tahu hamil lagi.

"Sebenarnya surprise juga anak keempat ini karena memang kalau bicara mengenai siap, siap enggak siap. Karena memang rezekinya," Indra Brasco, dikutip dari Detik.

Mona Ratuliu Hamil Anak Keempat, Adakah Risiko Kehamilan Di Usia 30 Tahun ke Atas?
source: https://www.haibunda.com/kehamilan/20191127170231-49-69296/usia-37-mona-ratuliu-tak-menyangka-hamil-anak-keempat

Mona Ratuliu merasa bersyukur masih dipercaya untuk hamil dan melahirkan anak keempat. Padahal, ia berpikir hanya sampai anak ketiga.

"Kita pikir Nala yang terakhir, tapi ternyata ada rezeki lagi anak keempat, surprise sih surprise banget," tutur Mona.

"Berkat doanya Nala juga, pengin punya adek katanya," timpal Indra Brasco.

Ternyata selama ini Syanala Kania Salsabila atau yang akrab disapa Nala, ingin memiliki adik. Jadi Nalalah yang paling senang dengan berita kalau sang mama tengah mengandung.

Adapun pasangan yang telah menikah 17 tahun ini lebih terkejut jika harus menggambar perasaan mereka saat tahu soal kehamilan ini untuk pertama kalinya. Meski begitu, pasangan ini berhasil mendokumentasikan momen kebahagiaan mereka saat tahu Mona hamil. Keduanya sadar betul, momen tersebut patut dikenang, apalagi memiliki empat anak saat ini tentu bukan hal yang biasa.

Mona Ratuliu Hamil Anak Keempat, Adakah Risiko Kehamilan Di Usia 30 Tahun ke Atas?
source: https://m.detik.com/hot/celeb/1954915/ini-dia-arti-nama-anak-ketiga-mona-ratuliu?h991103208=

"Waktu itu testpack bareng-bareng tapi kebetulan kita dokumentasiin juga sih. Buat aku kalau emang hamil itu spesial, makanya kita dokumentasiin terus kita kasih tahu temen kita dokumentasiin, kasih tau anak-anak kita dokumentasiin, karena buat aku spesial banget bisa punya anak empat hari ini," ungkap pemeran Poppy dalam sinetron Lupus Millenia ini.

baca juga

Mona Ratuliu sempat mengalami morning sickness dan kelelahan

Anak ketiga Mona lahir pada 2012 dan dia tidak menyangka akan kembali mengandung. Ditambah lagi, usianya sudah tidak muda lagi, sehingga dirinya merasa pada kehamilan ini lebih cepat lelah.

Mona Ratuliu Hamil Anak Keempat, Adakah Risiko Kehamilan Di Usia 30 Tahun ke Atas?

Ditambah pada masa awal kehamilan ini, ternyata Mona juga mengalami mual layaknya Ibu hamil pada umumnya. Meski begitu, menurut Mona mengutip mualnya kali ini lebih dari mual tiga kehamilan sebelumnya. Untungnya, sang suami menjadi suami siaga meski tetap memiliki kekhawatiran.

Menjalani kehamilan di usia yang tak lagi muda

Dilansir dari laman Haibunda, Bicara soal kehamilan, apalagi di usia di atas 35 tahun seperti Mona Ratuliu, menurut dr.Liva Wijaya Sp.OG, sebenarnya tidak ada risiko yang terlalu besar untuk ibu berusia di atas 35 tahun untuk melahirkan. Malah risikonya tetap sama dengan mereka yang melahirkan di usia lebih muda.

"Tidak ada perbedaan syarat berdasarkan usia. Selama tidak ada penyakit lain yang menyulitkan persalinan normal seperti penyakit jantung, benjolan menutup jalan lahir, presentasi kepala, tidak ada ketidakseimbangan kepala janin-panggul, kemungkinan besar ibu masih bisa melahirkan secara normal," papar Liva.

Mona Ratuliu Hamil Anak Keempat, Adakah Risiko Kehamilan Di Usia 30 Tahun ke Atas?
source: https://m.detik.com/hot/celeb/d-4386221/punya-anak-remaja-mona-ratuliu-punya-trik-sendiri

Liva juga mengatakan bahwa selama ibu sehat, fit, dan syarat persalinan normal terpenuhi, maka risiko persalinan sama dengan usia yang lebih muda. Meski begitu, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi saat ibu di usia di atas 35 ingin melahirkan normal.

"Pastikan keadaan umum ibu baik, tidak anemia, tidak ada penyakit lain yang memberatkan, berat janin dalam batasan normal, presentasi kepala, tidak ada panggul kecil. Untuk itu nutrisi yang baik, olahraga teratur, dan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan yang baik harus dilakukan," jelas Liva.

Selamat atas kehamilan Mona Ratuliu! Semoga diberi kelancaran sampai hari persalinan tiba.