1. Dapat Mengobati Endometriosis

Setelah endometriosis berarti jaringan rahim keluar dari rahim dan menempel di ovarium, saluran tuba, dan / atau bagian lain dari rongga panggul. Bergantung pada tingkat keparahan dan lokasi pembentukan jaringan ini, mereka dapat menghambat ovulasi atau pembuahan. Bisa menyebabkan rasa sakit  dan muntah. Dengan mengonsumsi pil kb, dapat mengurangi pengendapat dan penumpukan rahim setiap bulan, memperlambat atau menghentikan migrasi dan pertumbuhan jaringan rahim ke bagian lain dari saluran reproduksi.  Artinya wanita yang menderita endometriosis bisa menunggu lebih lama sebelum mencoba hamil, karena kerusakan pada sistem reproduksi mereka diminimalkan.

source: https://www.mayoclinic.org

2. Dapat Membantu dari Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Wanita dengan PCOS memiliki ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan periode tidak menentu atau meleset, rambut wajah berlebih, obesitas, kista ovarium, masalah ketidaksuburan, dan efek samping lainnya. Combo pil ini tidak hanya menunda kehamilan tapi juga memperbaiki ketidakseimbangan hormon, sehingga jadwal menstruasi menjadi teratur dan efek samping mereda.

source: http://yourlighterside.com/
baca juga

3. Bisa Mengurangi Kram Haid

Nyeri/kram saat haid membuat kamu merintih kesakitan disebabkan oleh bahan kimia yang disebut prostaglandin, yang memicu kontraksi otot. Ketika kamu menstruasi, tubuh kamu mengumpulkan produksi prostaglandin untuk membantu menumpahkan lapisan rahim. Dengan menggunakan kontrasepsi oral dapat mengurangi jumlah prostaglandin yang dipompa oleh tubuh kamu, jadi kamu mengalami sedikit ketidaknyamanan.

source: http://nakita.grid.id/

4. Menghaluskan Kulit

Kombinasi kontrasepsi menurunkan kadar testosteron tubuh kamu. Dan banyak wanita menggunakan pil kb untuk kecantikan kulit mereka. Hormon merupakan penyebab utama kulit berjerawat, pertumbuhan rambut tubuh berlebih sehingga dengan pil kb ini bisa sangat membantu. 

source: https://www.vemale.com
baca juga

5. Terlindung dari Anemia

Wanita yang menderita masa menstruasi kehilangan banyak darah setiap bulannya, dan itu bisa menyebabkan anemia. Ini adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kelelahan dan keletihan. Dengan konsumsi pil kb membuat periode menstruasi lebih pendek dan ringan, sehingga kamu kehilangan lebih sedikit darah dan tidak menghilang kan stamina kamu.

source: https://www.fres.co.id

6. Perlindungan Terhadap Penyakit Peradangan Pelvis Inflammatory

Pelvic Disease adalah infeksi serius pada saluran reproduksi bagian atas yang, jika tidak diobati, dapat membahayakan kesuburan kamu. Progestin dalam pengendalian kelahiran hormonal membuat lendir leher lebih tebal dan penelitian menunjukkan bahwa ini merupakan hambatan yang membuat lebih sulit bagi mikroba penyebab PID (dari PMS bakteri seperti klamidia dan gonore, misalnya) untuk memasuki serviks kamu. Perlu diingat, bahwa satu-satunya bentuk pengendalian kelahiran yang dapat melindungi terhadap PMS adalah kondom. Jadi kecuali kamu monogami dan benar-benar yakin pasangan kamu bebas dari STD, kondom adalah suatu keharusan, bahkan jika kamu menggunakan pil kb.

source: http://prozeny.blesk.cz/

7. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Wanita yang menggunakan pil, cincin, atau metode estrogen-progestin gabungan lainnya selama 15 tahun memangkas risiko seumur hidup mereka untuk mengembangkan kanker ovarium dan endometrium sekitar 50 persen. Kontrasepsi oral memblok ovulasi dan mengurangi ketidakseimbangan hormon alami, yang menyebabkan paparan hormon berpotensi merusak.

Kendati beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kontrasepsi oral mungkin sedikit meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker serviks, jadi konsultasi dengan dokter ahli apakah pil kb tepat untuk kamu, jika kamu memiliki riwayat keluarga dari kedua penyakit tersebut.

source: https://www.sehatcenter.com