Dilansir dari laman web HealthDetik, baru-baru sosok Abah Toing viral di media sosial. Pasalnya, meski sudah berusia senja, Abah Toing masih bersemangat mempromosikan gaya hidup sehat. Setiap hari, dengan berbekal timbangan digital dan alat ukur tensi elektrik, Abah selalu mangkal di ekat Stasiun Bogor untuk melayani para pasiennya. Tarifnya murah saja, hanya Rp5.000 untuk ukur tensi dan Rp3.000 untuk timbang badan. Murah kan, Moms?

Kisah Kakek Penjual Jasa Timbang Badan di Stasiun Bogor, Ini Tips Tetap Bugar Di Usia Senja
source: https://health.detik.com/

Abah Toing mengaku memiliki 5 anak dan 1 cucu. Meski usianya sudah 86 tahun, ia tetap kelihatan penuh semangat dan tak pernah kelihatan merasa lelah. Bahkan ia mengaku merasa masih muda.

"Abah ngerasa kaya masih muda terus neng kalo kaya gini, coba tebak umur abah berapa, keliatan masih muda kan, padahal abah kelahiran tahun 33 neng, orang-orang nyangkanya abah masih 70-an lah," tuturnya saat ditemui baru-baru ini.

Pendapatan Abah Toing dari jasa timbang badan dan cek tensi tekanan darah tentu tidak seberapa, mengingat tarif yang dipasang begitu murah. Meski demikian, Abah Toing selalu menolak bila ada pelanggan yang membayar dengan uang lebih ketika dia sedang tidak punya uang kembalian. Bahkan tak jarang ia menggratiskan jasanya yang 'tak seberapa' itu.

Sebagai penjual jasa keliling, Abah Toing juga pasrah bila harus kucing-kucingan dengan petugas ketertiban. Karenanya, ia selalu berpindah-pindah tempat mangkal.

Kisah Kakek Penjual Jasa Timbang Badan di Stasiun Bogor, Ini Tips Tetap Bugar Di Usia Senja
source: https://health.detik.com/
"Ya kaya burung di sawah aja gitu neng, kan kalo ada orang pindah, kalo nggak ada orang balik lagi, kaya gitu aja neng naik turun tangga lumayan neng capek juga cuma abah mah masih kuat aja," kisahnya.
source: https://health.detik.com/

Abah Toing mengaku melakukan kegiatan ini agar dia tidak meras jenuh di rumah. Di usianya yang sudah tidak muda ini, berdiam diri hanya akan menambah pikiran.

baca juga

Tips Tetap Sehat Di Usia Senja

Jika Moms ingin seperti Abah Toing di usia senja nanti, tetap sehat dan semangat. Seperti dilansir eHow, berikut ini tips tetap sehat di usia senja:

Makan Sayuran
Dengan bertambahnya usia, Moms akan semakin rentan terhadap penyakit. Maka dari itu agar penyakit tidak menyebar di tubuh, Moms harus mengantisipasinya. Hindari makanan berlemak dan perbanyak asupan sayuran agar tubuh sehat dan bugar.

Banyak Berjalan Kaki
Moms, berjalan kaki adalah aktivitas termudah dan menyehatkan tubuh. Jalan kaki akan memperkuat jantung, terhindar dari diabetes tipe 2, serta meningkatkan fungsi fisik. Mudah dan murah. Moms.

Waktu Tidur Cukup
Tidur malam bisa memberikan waktu untuk tubuh beristirahat dan memulihkan diri. Pastikan Moms tidak terganggu dengan televisi atau smartphone yang membuat tidur Moms menjadi tidak nyaman.

Rutin Check-Up
Rutin kontrol ke dokter membantu Moms untuk mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan Mommies. Hal ini penting karena ada beberapa penyakit yang tidak memiliki gejala yang menonjol namun bisa membahayakan nyawa.

Tips Tetap Sehat Di Usia Senja
source: https://health.detik.com/

Hindari Alkohol
Untuk Menjaga kesehatan yang optimal, sebisa mungkin hindari konsumsi alkohol. Selain itu jauhi tembakau. Dua hal itu sangat buruk untuk kesehatan Moms, terlebih di usia senja.

Bersosialisasi
Mempertahankan hubungan sosial membuat Moms terus ceria dan menyehatkan mental. Meski tua bukan berarti Moms tidak bisa bergaul, ya. Makan malam bersama teman, pergi jalan-jalan, karaoke adalah kegiatan menyenangkan yang dapat menyegarkan pikiran dan hati.

Menghabiskan Waktu Di Luar
Menghirup udara segar dan berjemur di sinar matahari adalah aktivitas singkat yang membuat sehat dan meningkatkan suasana hati. Lakukan selama 15 sampai 20 menit per hari dari sinar matahari dapat dan rasakan khasiatnya.

Selalu Berpikir Positif
Salah satu cara terbaik untuk berpikiran positif tentang diri sendiri adalah optimis. Pikiran positif dan optimis membantu menjaga pikiran Moms dan kesejahteraan emosional dalam kondisi yang baik. Ketika kondisi mental baik, maka Moms dapat beraktivitas dengan baik pula.

Jadi, menjadi tua bukan berarti tidak boleh banyak kegiatan, ya. Dengan kondisi fisik dan mental yang sehat Moms masih bisa aktif seperti muda dulu. Seperti Abah Toing yang selalu merasa muda.