Tidak hanya karena hubungan seks, selaput dara dapat rusak atau robek akibat dari beragam aktivitas dan faktor lain. Berikut ini adalah lima penyebab selaput dara rusak dilansir dari DetikHealth:

Selain Seks, 5 Hal Ini Juga Bisa Sebabkan Selaput Dara Rusak
source: https://www.freeletics.com/


1. Aktivitas Fisik yang Berat

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa selaput dara wanita dapat rusak ataupun sobek akibat dari kegiatan atau aktivitas fisik yang berat. Hal ini dapat berupa beragam rutinitas harian yang biasa dijalani. Beberapa diantaranya antara lain olahraga, seperti senam, aerobik, bersepeda, berkuda, serta beragam gerakan fisik seperti melakukan peregangan yang berat.


2. Aktivitas Masturbasi

Tidak hanya pria, beberapa wanita juga mungkin pernah melakukan masturbasi. Jika dilakukan, kebiasaan masturbasi juga dapat menjadi penyebab rusaknya selaput dara. Apalagi jika selaput daranya tipis dan ia menggunakan alat bantu seks untuk melakukan masturbasi. Meskipun jarang terjadi, dalam beberapa kasus masturbasi juga dapat menyebabkan rusaknya selaput dara.

Selain Seks, 5 Hal Ini Juga Bisa Sebabkan Selaput Dara Rusak
source: https://flo.health/


3. Terjadi Trauma atau Cedera

Selanjutnya, hal lain yang juga dapat menyebabkan rusaknya selaput dara adalah trauma atau cedera akibat dari kecelakaan. Apalagi jika kecelakaan tersebut menyebabkan area kewanitaan atau vagina terluka. Hal ini tidak hanya berlaku pada wanita dewasa, tetapi juga anak-anak perempuan yang jatuh dari sepeda atau bahkan tersungkur saat bermain lompat karet. 

baca juga


4. Penggunaan Tampon saat Haid

Selain pembalut, sebagian wanita juga kerap menggunakan tampon untuk menyerap darah menstruasi. Namun, dapat beberapa kasus penggunaan tampon ini juga berpengaruh pada rusak atau robeknya selaput dara. Khususnya pada wanita yang memiliki selaput dara tipis. Hal ini juga termasuk pada penggunaan menstrual cup. Meskipun tidak pasti merusak selaput dara, tetapi masih ada kemungkinan karena kedua benda ini dimasukkan ke dalam liang vagina.

Selain Seks, 5 Hal Ini Juga Bisa Sebabkan Selaput Dara Rusak
source: https://www.hercampus.com/


5. Penanganan Medis Tertentu

Sebagian orang mungkin terpaksa harus melakukan pemeriksaan kesehatan pada area organ intim. Jika penanganan medis tersebut dilakukan dengan memasukkan alat medis ke dalam vagina, ini juga berisiko menyebabkan robekan atau rusaknya selaput dara.