Warna hitam pada makanan menjadi sangat hits belum lama ini. Makanan dengan bahan pewarna charcoal banyak digemari, bukan karena rasanya moms, namun penampilannya yang hitam legam. Pada es krim, burger dan jus menjadi sangat menarik dan instagramable saat difoto.

Charcoal sendiri atau disebut juga arang bambu merupakan arang yang bisa dijadikan pewarna pada makanan. Bahan ini ditambahkan pada makanan tanpa mengubah rasa makanan itu sendiri. Dan yang paling penting charcoal dipercaya aman untuk dikonsumsi. Dilansir dari laman Detik ini lho fakta menarik tentang charcoal lainnya.

Tentang Charcoal

Menjadi pewarna makanan charcoal bubuk biasanya lebih dipilih untuk dicampurkan. Berwarna hitam legam, charcoal terbuat dari hasil pembakaran batok kelapa, bambu, dan tanaman lainnya. Sebagai pewarna alami, charcoal sehat untuk tubuh. Lantaran bahan tersebut dapat berfungsi sebagai zat pengikat dan penawar racun dalam tubuh. Racun yang bisa diikat pada zat aktif tersebut adalah zat kimia seperti sianida, formalin, asam lemak, hingga merkuri.

Tentang Charcoal
baca juga

Memiliki Banyak Manfaat

Menjadi pewarna alami makanan merupakan salah satu manfaat dari si hitam ini. Tidak menambahkan rasa, charcoal bukan hanya aman dikonsumsi, melainkan juga baik untuk kesehatan tubuh. Charcoal baik untuk detoks sehingga bisa jadi pilihan bagi Anda yang tengah menjalani program diet. Selain itu, moms bisa menggunakan charcoal sebagai rahasia gigi putih, meredakan perut kembung, menghilangkan bau badan dan menghilangkan jerawat.

Ketika dikonsumsi charcoal memang berguna mengikat racun dan zat kimia berbahaya. Meski demikian moms tak perlu khawatir, karena racun yang diikat charcoal tidak mengganggu kesehatan. Charcoal tidak dapat diserap tubuh. Sebagai gantinya dia akan keluar lagi, berikut racun yang terikat melalui proses pencernaan.

Memiliki Banyak Manfaat

Sebagai Pewarna Alami Makanan

Bukan rahasia lagi, warna hitam legam pada makanan yang beredar di sosial media adalah charcoal. Aneka makanan seperti burger, es krim bahkan cocktail pun berwarna hitam berkat charcoal. Hitam pada makanan-makanan yang berwarna cerah tentu terlihat sangat unik ya moms. Selain tiga jenis hidangan lainnya, tentu Anda juga pernah melihat makanan berwarna hitam seperti pizza, pancake, bahkan pempek pelembang yang biasanya disajikan warna putih atau coklat keemasan setelah digoreng, kini berwarna hitam.

Salah satunya yang kini tengah hits adalah tteokbokki. Makanan khas korea ini kini bisa moms nikmati dengan warna berbeda dari biasanya yakni hitam. Karena bubuk charcoal yang dibubuhkan pada hidangan tersebut.

Sebagai Pewarna Alami Makanan
baca juga

Charcoal Rahasia Kulit Cantik

Tak terbatas pada makanan. Anda bisa menemukan charcoal untuk perawatan kulit. Warna hitamnya juga bisa usir jerawat dan yang paling penting cegah penuaan dini. Kaya akan mineral arang dapat membersihkan kulit hingga ke lapisan terdalam. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi kolagen, serta elastin. Charcoal bisa juga menjadi rahasia dari berkuranganya kerutan sekitar mata dan lainnya. Wajah pun tampak awet muda dan lebih cerah. 

Agar bekerja secara maksimal Anda bisa menjadikan charcoal sebagai salah satu bahan masker. Berbeda dengan masker kebanyakan. Moms bisa mengenakan masker charcoal sedikit demi sedikit. Dan jangan lupa hindari penggunaan area mata. Jika Anda meragukan atas charcoal itu sendiri. Anda bisa memilih mengenakan skincare dengan bahan dasar charcoal. Saat ini sudah mulai banyak di pasaran. Pilih satu yang memenuhi kebutuhan kulit Anda.

Charcoal Rahasia Kulit Cantik

Dampak Negatif Charcoal

Meski memiliki banyak manfaat baik dikonsumsi maupun untuk kecantikan. Namun bukan berarti charcoal tak bebas dari efek negatif. Efek samping dari penggunaannya bisa terjadi jika dikonsumsi oleh orang dewasa diantaranya konstipasi dan kotoran berwarna hitam. Tidak dapat diserap tubuh, tentu charcoal memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dosis penggunaannya berlebih dalam jangka panjang. Dampak tersebut diantaranya menyumbat saluran usus, regurgitasi paru-paru dan dehidrasi.   

Dampak Negatif Charcoal