Wawancara Agnez Mo dengan sebuah media di Amerika Serikat menimbulkan polemik dan perbincangan yang cukup serius di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya para warganet. Beragam komentar negatif serta tuduhan tidak nasionalis ditujukan pada penyanyi yang sekarang berdomisili di Los Angeles tersebut. 

Menangis Dihujat Tak Nasionalis, Agnez Mo Ungkap Asal Usul Nama Belakangnya
source: https://www.tontonextra.com.my/

Pada saat itu, Agnez Mo ditanyakan bagaimana ia bersikap saat tumbuh dalam sebuah masyarakat di mana ia sebenarnya 'berbeda'. Ia pun mengungkap bahwa ia sebenarnya tidak memiliki darah Indonesia. Ia memiliki darah Jerman, Jepang, dan China. Meskipun berbeda, ia merasa tetap memiliki dan menjadi bagian dari orang Indonesia. Menjadi seorang artis dan penyanyi dengan identitas seorang minoritas juga membuatnya sadar bahwa ia sangat diterima dan didukung.

Dalam wawancaranya dengan Deddy Corbuzier, Agnez Mo juga mengungkapkan bagaimana ia dikenal sebagai penyanyi asal Indonesia. Ia selalu mengungkap dirinya sebagai orang Indonesia selama berkarir di Amerika Serikat. Tidak heran jika setiap kali ia menjalani interview, ia selalu disebut sebagai orang Indonesia. Meskipun seharusnya ia tidak harus melakukan itu, ia tetap melakukannya karena ia sangat ingin bangsa dan negaranya dilihat di sana.

Menangis Dihujat Tak Nasionalis, Agnez Mo Ungkap Asal Usul Nama Belakangnya
source: https://video.newsserve.net/

Agnez Mo bahkan sempat meneteskan air mata karena sedih dikatakan sebagai seseorang yang tidak nasionalis. Faktanya, ia sangat mencintai Indonesia. Ia bahkan sudah beberapa kali ditawarkan untuk menjadi permanent residence di Amerika Serikat. Namun, ia menolaknya. Ini dapat menunjukkan bagaimana Agnez Mo sangat bangga mencintai bangsanya sendiri.

baca juga

Agnez Mo pun sempat ditanyakan seputar nama belakangnya yang sangat Jawa. Gadis kelahiran 19 Juli 1986 ini memang memiliki nama lengkap Agnes Monica Muljoto. Dalam wawancaranya bersama Deddy Corbuzier, Agnez pun mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang Chinese yang pada satu waktu harus mengganti namanya menjadi nama Indonesia. Itulah sebabnya kini ada nama Jawa dalam namanya.

Menangis Dihujat Tak Nasionalis, Agnez Mo Ungkap Asal Usul Nama Belakangnya
source: https://www.youtube.com/watch?v=1o4hOpH54Kk

"Buat orang-orang yang lebih tahu silsilah keluarga saya dibanding saya sendiri, ini biar saya kasih pencerahan. Jadi, kita tahu ya, pada zamannya orang harus ganti nama. Yang namanya chinese, yang ada tiga nama itu, itu harus diubah menjadi nama yang lebih Indonesia. Karena ada beberapa kebutuhan yang memang. Jadi nama Muljoto itu bukan dari kakek atau nenek moyang saya. Yang mengubah itu ayah saya." ujar Agnez Mo dalam cuplikan video bersama Deddy Corbuzier.