Menelan pasta gigi ketika sedang menggosok gigi merupakan hal yang tidak sengaja terjadi. Hal tersebut mungkin sering terjadi pada anak-anak yang merasa pasta gigi memiliki rasa yang enak, sehingga pasta gigi tertelan. Tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa mengalaminya. Namun, ternyata sering menelan pasta gigi bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

Pasta gigi bisa berbahaya karena mengandung bahan-bahan kimia yang tidak aman seperti fluoride, zat pewarna, zat perasa, detergen, dan lain-lain. Meski fluoride digunakan untuk membuat gigi menjadi kuat, namun kandungan yang tidak sengaja tertelan itu bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja sih bahayanya? Simak yuk, moms.

Keracunan

Meski memiliki manfaat, fluoride juga memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh. Kandungan fluoride yang tertelan di dalam tubuh secara berlebihan bisa menjadi racun yang akan menyerang tubuh. Tanda-tanda moms keracunan fluoride yakni merasa mual, hingga muntah. Dan yang lebih parahnya lagi bisa menyebabkan pingsan atau kehilangan kesadaran.

Keracunan
baca juga

Kerusakan Sistem Saraf dan Osteoporosis

Efek samping lainnya yakni tubuh akan bereaksi negatif seperti fungsi sistem saraf yang rusak. Tidak hanya itu, pasta gigi bisa menyebabkan osteoporosis. Hal tersebut lagi-lagi dikarenakan kandungan fluoride pada pasta gigi, moms. Jadi, pastikan untuk mengawasi penggunaan pasta gigi agar tidak tertelan, ya.

Kerusakan Sistem Saraf dan Osteoporosis

Overdosis

Bahaya lainnya yakni moms bisa mengalami overdosis. Tanda moms mengalami overdosis akibat tertelan pasta gigi yakni air liur keluar dalam jumlah banyak, gangguan pernapasan seperti asma, serta indera perasa yang tumpul.

baca juga

Penyerapan Kalsium Terhambat

Penyerapan kalsium dalam tubuh bisa terhambat, hal itu yang disebut dengan fluorosis. Jika itu terjadi, sistem saraf akan terganggu, IQ mengalami penurunan, sistem kekebalan tubuh terganggu, tulang menjadi rapuh, serta pertumbuhan pada anak-anak akan terhambat.

Penyerapan Kalsium Terhambat

Kelainan Tulang dan Gigi

Fluoride sendiri memiliki manfaat untuk melapisi struktur gigi, menguatkan email gigi, memberikan pertahanan pada gigi agar tidak mudah mengalami pembusukan, serta dapat memineralkan gigi. Jika kita sering menelan pasta gigi, zat berupa fluoride juga akan masuk ke tubuh kita. Namun, fluoride yang masuk ke dalam tubuh akan disimpan oleh tulang yang mana bisa menyebabkan kelainan pada tulang dan gigi.

Kelainan Tulang dan Gigi