Pada dasarnya, bagi para wanita yang pernah menjalani persalinan dengan operasi caesar di kehamilan pertama masih bisa memiliki kemungkinan untuk lakukan persalinan normal di kehamilan keduanya. Namun, ini tentu sangat bergantung pada kondisi dan situasi ibu serta janin dalam kandungan. Tentu Mommy harus melakukan konsultasi serta pemeriksaan dari dokter dan bidan sebelum memilih proses persalinan yang akan dijalani untuk kehamilan kedua.

Namun, jika Mommy sudah siap dan mantap dengan pilihan untuk melakukan operasi caesar kedua kalinya, dilansir dari Haibunda, berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan menjelang operasi caesar kedua:

Persiapan Melahirkan Caesar Untuk Kedua Kali, Ini 4 Hal Penting yang Perlu Moms Catat
source: http://www.caesarean.org.uk/


1. Rileks dan Tenang

Sama seperti saat menjalani persalinan normal untuk kedua kali, menjalani operasi caesar untuk kedua kali juga cenderung lebih mudah. Dalam hal ini, rasa sakit, khawatir, dan kecemasan menjalani proses perawatan pasca persalinan akan lebih mudah dapat dilewati. Pasalnya, Mommy sudah pernah menjalani persalinan caesar sebelumnya. 


2. Proses Pemulihan Lebih Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengalaman menjalani operasi caesar sebelumnya dapat membantumu untuk lebih siap dalam menghadapi segala perawatan diri pasca operasi. Itulah sebabnya, pemulihan akan terasa lebih mudah. Mommy juga sudah tahu dan dapat berekspektasi tentang apa saja yang akan dilalui dan berapa lama proses pemulihan itu harus dilakukan.

Persiapan Melahirkan Caesar Untuk Kedua Kali, Ini 4 Hal Penting yang Perlu Moms Catat
source: https://www.romper.com/


3. Sudah Menguasai Tugas sebagai Ibu

Berbeda dengan saat melahirkan anak pertama, Mommy tentu sangat kaku dan canggung saat harus berurusan dengan bayi. Ditambah lagi dengan rasa sakit yang harus dijalani selama masa pemulihan. Nah, nanti saat melalui persalinan yang kedua, Mommy cenderung akan lebih santai karena sudah menguasai tugas-tugas sebagai ibu dan paham tentang cara-cara merawat diri pasca operasi caesar.

baca juga


4. Kondisi-Kondisi Bayi Pasca Persalinan

Bayi yang lahir dengan tindakan operasi caesar biasanya berisiko mengalami beberapa kondisi, seperti perut dan paru-paru yang dipenuhi dengan cairan ketuban. Pahami bahwa ini merupakan kondisi yang sangat wajar terjadi pada bayi yang lahir dengan operasi caesar. Ini disebabkan oleh kontraksi rahim, yang seharusnya memeras sebagian cairan dari janin ketika masih di dalam kandungan, tidak memberikan kontraksi sehingga cairan masih ada di dalamnya tubuh bayi. Ingat, ini bukan hal yang fatal. Jadi, jangan panik, ya! 

Persiapan Melahirkan Caesar Untuk Kedua Kali, Ini 4 Hal Penting yang Perlu Moms Catat
source: http://pearlobgyn.com/