1. Salah Posisi Tidur

Tidak dapat dipungkiri Moms akan merasa tidak nyaman ketika tidur terutama saat usia kehamilan sudah trimester ketiga. Ukuran perut yang semakin besar akan membuat Moms merasa serba salah dan terasa pegal ketika tidur. Biasanya yang membuat sakit pinggang adalah posisi tidur yang tidak tepat seperti miring dan tidak menggunakan alas pada bagian punggung dan perut. 

source: http://www.newkidscenter.com

2. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Ibu hamil memang dilarang untuk menggunakan sepatu hak tinggi, karena selain berbahaya juga menyebabkan sakit pinggang. Menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil akan mmebuat Moms merasakan tekanan pada bagian kaki karena menopang bobot tubuh dan perut yang berat. Nah, hal tersebut menyebabkan pinggal terasa pegal. Sebaiknya selama masa kehamilan gunakan flat shoes atau sendal yang beralaskan material tebal namun empuk. 

source: http://momjunction.com
baca juga

3. Terlalu Banyak Duduk

Meski sedang hamil Moms juga harus banyak bergerak seperti berjalan kaki atau melakukan beberapa gerakan yang membuat otot menjadi lentur. Terlebih buat Moms yang berkerja di kantoran terlalu banyak diam dan duduk makan akan membuat pembuluh darah yang tidak lancar sehingga pinggang terasa pegal. Moms bisa lakukan olahraga sederhana seperti peregangan atau mengikuti kelas senam hamil di rumah sakit. 

source: https://www.anmum.com

4. Berjalan Terlalu Lama

Berjalan terlalu lama akan membuat otot-otot dibagian kaki menjadi tegang dan membuat tekanan di bagian pinggang. Hal ini sering dirasakan ibu hamil ketika terlalu lama berjalan terutama saat sedang berbelanja. Tanpa disadari terlalu asyik berbelanja Moms lupa untuk beristirahat yang berakibat pinggang terasa pegal. Sebaiknya duduklah sebentar setidaknya 5-10 menit agar tidak membuat kaki kram dan sakit pinggang. 

source: http://cafemomstatic.com