Penyebab Sulit Hamil Pasca Keguguran

Dilansir HaiBunda, menurut dr. Kirtly Parker Jones, MD wakil ketua pendidikan Departemen Obstetri atau Ginekologi di Universitas Utah, angka keguguran pada pasangan sehat di bawah usia 35 tahun sekitar 15 persen. Keguguran sebenarnya merupakan hal umum, sebagian besar orang yang keguguran akan hamil lagi.

Jones menambahkan, terkadang perawatan pasca keguguran yang kurang baik bisa jadi penyebab sulit hamil. Misalnya, setelah melakukan operasi pasca keguguran, ada infeksi yang terjadi di rahim akibat bekas luka. Bekas luka yang terinfeksi ini nantinya menyebabkan ketidakmampuan untuk hamil.

Penyebab Sulit Hamil Pasca Keguguran
source: https://www.haibunda.com/
"Sebagian besar orang yang tidak tua, mereka mudah hamil. Ketika keguguran, mayoritas dari mereka 85 persen hingga 90 persen akan hamil lagi dalam setahun. Jadi tidak hamil itu tidak normal," terangnya.
source: https://www.haibunda.com/

Berdasarkan ulasan yang dilansir Very Well Health, ada beberapa alasan yang mungkin jadi sebab mengapa setelah keguguran pasangan jadi sulit dapat momongan, di antaranya:

  • Masalah dengan sperma pasangan
  • Adanya penyumbatan di tuba falopi
  • Endometriosis, suatu kondisi reproduksi yang dapat menyebabkan nyeri kronis dan infertilitas
  • Anomali uterus, seperti rahim bicornuate (berbentuk hati)
  • Masalah genetik terkait dengan kesuburan
  • Masalah dengan ovulasi
  • Infertilitas yang tidak dapat dijelaskan atau infertilitas tanpa sebab yang diketahui

Setelah mengetahui penyebab sulit hamil pasca keguguran, Moms dan Dads juga disarankan berkonsultasi dengan dokter atau spesialis kesuburan, jika Moms termasuk dalam kategori ini.

  • Berusia di bawah 35 tahun dan belum hamil dalam setahun setelah melakukan hubungan seks yang teratur dan tanpa pengaman.
  • Berusia di atas 35 tahun dan belum hamil dalam waktu enam bulan setelah melakukan hubungan seksual yang teratur dan tanpa pengamanan.
  • Mengalami dua atau tiga kali keguguran berturut-turut dan belum pernah diuji penyebab keguguran berulang tersebut.
Penyebab Sulit Hamil Pasca Keguguran
source: https://www.haibunda.com/

Moms juga dapat memeriksa ke dokter lebih cepat jika tidak hamil dan memiliki masalah khusus, seperti periode menstruasi yang tidak teratur. Dan juga ketika butuh waktu lama untuk hamil setelah keguguran, mungkin lebih baik berbicara dengan spesialis kesuburan lebih awal.

baca juga

Kiat Hamil Pasca Keguguran

Nah, jika Moms sudah mengetahui penyebab sulit hamil pasca keguguran dan telah melakukan serangkaian pemeriksaan ke dokter dan akhirnya berhasil hamil kembali. Moms perlu persiapan yang lebih matang. Karena wanita yang hamil lagi setelah pernah mengalami keguguran perlu mempersiapkan beberapa hal agar mimpi buruk tidak terjadi untuk yang kedua kalinya.

Dikutip dari Boldsky melalui HealthDetik, inilah persiapan yang harus dilakukan wanita yang kembali hamil setelah mengalami keguguran:

Kiat Hamil Pasca Keguguran
source: https://health.detik.com/
  • Mendapat cukup nutrisi, Pada periode ini, fisik wanita belum terlalu kuat sehingga membutuhkan nutrisi dan gizi yang mencukupi. Untuk itu, diet protein yang seimbang sangat diperlukan.
  • Mempersiapkan mental, Wanita yang hamil lagi setelah sebelumnya pernah mengalami keguguran juga harus siap secara mental. Berbahagia dan lupakan kejadian buruk di masa lalu. Bersedih atau depresi hanya akan mengarahkan kehamilan pada keguguran lain.
  • Menjauhi kafein, Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil yang pernah mengalami keguguran adalah menjauhi kafein. Selain kafein, hal lain yang juga perlu dijauhi adalah mengonsumsi obat-obatan. Sebab apa yang dikonsumsi ibu selama hamil sangat berpengaruh pada kondisi janin.
  • Memilih pengobatan alami, jika Moms erserang demam, cobalah untuk mengobatinya dengan pengobatan herbal. Sebisa mungkin Moms menghindari obat-obatan kimia.
  • Berkonsultasi pada dokter, Hamil setelah sebelumnya pernah mengalami keguguran cukup berisiko karena kondisi rahim tidak sekuat wanita pada umumnya. Demi kebaikan jabang bayi, ibu hamil harus mematuhi saran dokter.
Nah jadi jika Moms pernah mengalami keguguran, jangan berputus asa ya, Moms. Ketahui penyebab sulit hamil pasca keguguran yang telah disebutkan tadi, dan sebisa mungkin hindari hal-hal tersebut agar Moms bisa cepat hamil. Jangan lupa ikuti juga kiat hamil pasca keguguran, jika Moms sudah hamil kembali. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.