Tren dekorasi pernikahan tahun 2020

Dilansir dari WolipopDetik, berikut ini adalah beberapa tren dekorasi pernikahan tahun 2020 yang akan diprediksi akan banyak diminati pasangan muda:

1. Bohemian tropical

Tema bohemian yang hangat dan sederhana akan semakin unik dipadukan dengan tema tropical yang greeny. Gaya ini pun lebih banyak menggunakan tanaman kering dan dedaunan ketimbang bunga berwarna-warni. 

Romantis Minimalis, Ini 4 Dekorasi Pernikahan yang Bakal Jadi Tren di Tahun 2020
source: https://www.pinterest.ch/pin/132785888998383844/

Tema bohemian tropical ini bisa Moms buat dimana saja, asalkan di ruangan terbuka. Sentuhan bohemian didapat dengan dominasi warna putih dan cokelat pudar dan bisa ditambahan sentuhan warna hijau seperti pohon palem atau kelapa untuk mendapatkan kesan tropical.

"Pakai palem kering, bohemian dapat, tropikalnya juga dapat. Kalau tropikal lebih banyak ke greenery-nya, banyak main di daun. Untuk bunganya pakai orchid, aloinopsis, dendrobium. Warna-warnanya nggak terlalu ngejreng," menurut desainer bunga asal Bali, Made Putra.

2. Vintage rustic

Selanjutnya tema pernikahan vintage rustic yang akan diprediksi banyak diminati pasangan yang ingin menikah. Vintage rustic sendiri lebih mengedepankan sisi sederhana, menyatu dengan alam tapi tidak menghilangkan sisi elegan dan kemewahan di dalamnya.

Menurut florist dan dekorator pernikahan Dina Touwani, banyak pasangan menyukai rangkaian yang lebih artsy dengan berbagai elemen tak biasa dalam dekorasi pernikahan. Misalnya saja daun dan pinus kering, bunga bernuansa kecokelatan juga ornamen berkesan unfinished dengan dominasi kayu-kayuan.

Romantis Minimalis, Ini 4 Dekorasi Pernikahan yang Bakal Jadi Tren di Tahun 2020
source: https://m.dhgate.com/product/2m-natura-jute-burlap-hessian-ribbon-with/401874730.html

Vintage rustic banyak diminati karena selain keluar dari pakem yang dianggap tradisional, juga bersahabat di kantong. Konsep vintage rustic biasanya dominan dengan unsur kayu, warna coklat atau keemasan, bisa juga dipermanis dengan sentuhan unsur alam seperti tumbuhan alang-alang, aneka macam bunga, bahkan akar-akar pohon sintetis.

Untuk menambah kesan hangat dan gemerlap, Moms bisa menambahkan lampu-lampu kecil serta menggantung lentera di beberapa sudut venue. Kursi untuk para tamu juga harus menjadi detail yang diperhatikan, tidak perlu banyak sentuhan, dengan menyematkan renda-renda atau simpul pita di belakang kursi pun rasanya cukup.

baca juga

3. Minimalist romantic

Masih banyak pasangan yang menyukai atmosfer clean dan sleek untuk hari bahagianya. Oleh karena itu, tema Minimalist Romance diprediksi akan menjadi salah satu tema pernikahan yang banyak diminati. Tren ini terinspirasi dari impian para millennial akan gaya hidup yang simpel dan digabungkan dengan harapan yang romantis. 

Seperti dikutip dari Line Abianca melalui WolipopDetik, tren dekorasi pernikahan 2020 yang akan banyak diminati adalah minimalis. Bukan gaya minimal yang terkesan kosong dan membosankan, tapi lebih pada penggunaan objek.

Romantis Minimalis, Ini 4 Dekorasi Pernikahan yang Bakal Jadi Tren di Tahun 2020
source: https://todaysbride.com/blog/2018/04/16/minimalist-theme-wedding/

Tahun 2020 akan diprediksi dekorasi pernikahan banyak memanfaatkan properti yang lebih sedikit tapi ditata secara harmonis. Teknik pencahayaan dan kombinasi warna tertentu menghasilkan dekorasi yang tampak indah tanpa harus memakai banyak perabotan. Maka penggunaan elemen gelas atau kaca transparan akan dapat mengakomodir kebutuhan itu.

Minimalis juga tersirat lewat warna. Palet muted seperti putih, beige, dusty pink, dusty mauve atau taupe akan banyak terlihat di pesta pernikahan. Suasana pernikahan pun akan banyak didekorasi dengan gaya berkarakter Skandinavia. 

Tinggalkan kue berlayer super besar jika Moms ingin mengusung tema ini. Kue-kue berukuran kecil dengan ornamen lembut yang manis justru akan menjadi daya tarik di mata tamu undangan.

4. Eco- friendly

Jika Moms termasuk orang yang concern terhadap kerusakan lingkungan yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, cobalah menggelar pernikahan dengan konsep eco-friendly. Penggunaan elemen-elemen daur ulang atau ramah lingkungan menjadi syarat terlaksananya pernikahan eco-friendly ini.

Sebagai contoh, Moms bisa memilih suvenir berupa bibit tanaman, undangan dari kertas daur ulang atau hiasan pelaminan menggunakan benda yang bisa dipakai kembali dan tanpa plastik untuk perlengkapan katering.

Romantis Minimalis, Ini 4 Dekorasi Pernikahan yang Bakal Jadi Tren di Tahun 2020
source: https://www.hamaraevent.com/blog-on-events-venues-weddings-and-parties/how-to-have-a-perfect-eco-friendly-wedding

Penggunaan benda-benda daur ulang ini menghasilkan dekorasi bernuansa alam dan didominasi warna kecokelatan, putih, beige, abu-abu hingga hitam. Jangan lupakan tanaman kering yang juga bisa dipakai ulang di pesta pernikahan lainnya.

Nah, selanjutnya konsep pernikahan mana yang jadi favorit Moms?