Hamil Sebelum Usia 20 Tahun

Berapa Usia Terbaik Untuk Hamil? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.freepik.com/

Pada beberapa kasus, ada kehamilan yang terjadi pada wanita di usia yang masih di bawah 20 tahun. Tentu usia ini masih belum ideal bagi sebagian besar wanita. Namun, tidak bisa dipungkiri juga bahwa memang ada wanita yang sudah siap dengan kehamilan pada usia ini. Sayangnya, dilansir dari Parents, kehamilan di usia muda memang dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional dan hipertensi. Namun, ironisnya, tingkat preeklampsia terjadi pada usia kehamilan yang terlalu muda juga cukup tinggi.


Hamil di Usia 20-24 Tahun

Berapa Usia Terbaik Untuk Hamil? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.kcl.ac.uk/

Umumnya, sebagian besar wanita akan menjalani kehamilan pertama pada kisaran usia ini. Pada masa ini, mereka berada dalam kondisi tubuh yang sangat subur, dengan perkiraan peluang untuk hamil adalah 25 persen setiap bulan. Sayangnya, hamil pada usia ini memiliki kekurangan dari segi kesiapan finansial sebagai orangtua. Pertimbangan untuk mempersiapkan dana untuk anak harus dipikirkan secara matang bagi para calon orangtua muda.  

baca juga


Hamil di Usia 25-29 Tahun

Berapa Usia Terbaik Untuk Hamil? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.freepik.com/

Secara medis, kehamilan di usia ini kurang lebih sama dengan kehamilan di awal usia 20-an. Tidak hanya itu, sebagian besar wanita juga masih memiliki peluang 25 persen untuk mencapai kehamilan setiap bulannya. Menariknya, hamil di usia ini cenderung dikategorikan sebagai periode yang aman dari segi kesehatan, finansial, dan emosional. 


Hamil di Usia 30-34 Tahun

Berapa Usia Terbaik Untuk Hamil? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.sinaihealthsystem.ca/

Kebanyakan wanita akan mengalami penurunan kesuburan saat mencapai usia 30-an. Namun, hal ini bukanlah hal yang pasti dan absolut. Masih banyak pula wanita yang dalam menjalani persalinan dengan sehat dan lancar pada periode usia ini. Di sisi lain, hamil di usia 32 cenderung dapat memberikan waktu optimal yang dibutuhkan seseorang untuk membangun karier. Dengan begitu, masalah finansial dan masa depan anak sudah tidak perlu menjadi beban serius.

baca juga


Hamil di Usia 35-39 Tahun

Berapa Usia Terbaik Untuk Hamil? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://newsnetwork.mayoclinic.org/

Kehamilan pada usia ini memang tidak mudah sebagaimana kehamilan di usia-usia yang lebih muda. Pasalnya, kesuburan memang mulai menurun secara substansial pada usia 32, dan semakin cepat menurun pada usia 37. Tidak hanya itu, risiko kesehatan juga akan mulai meningkat, seperti hipertensi, diabetes pada kehamilan, dan preeklampsia, serta tingkat kelainan kromosom.


Hamil di Usia 40-45 Tahun

Berapa Usia Terbaik Untuk Hamil? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.parents.com/

Memasuki usia 40, peluang wanita sehat untuk hamil setiap akan sangat kecil sekitar kurang dari 5 persen setiap bulannya. Kekhawatiran yang lebih besar pada kehamilan dalam rentang usia ini juga cukup beragam, mulai dari kehamilan ektopik dan keguguran, serta komplikasi kehamilan. Tidak hanya itu, kehamilan di usia ini juga berisiko terhadap beberapa kondisi seperti preeklampsia, diabetes, masalah plasenta seperti plasenta previa, berat badan lahir rendah, dan persalinan prematur.