1. Menggendong Anak

Jika dalam kondisi hamil kedua dan Moms masih memiliki bayi atau balita, pasti Moms akan mengalami kerepotan yang luar biasa. Karena anak balita masih sangat butuh perhatian dan tidak bisa jauh-jauh dari Ibunya. Anak bayi akan sering rewel dan minta selalu digendong ketika dia menangis. Hal ini tentunya akan menguras fisik dan tenaga Moms saat hamil besar. Nah, meski masih memiliki anak bayi yang masih butuh perhatian, namun sebaiknya jangan terlalu sering menggendong Si Kecil ya Moms. Karena hal itu dapat membuat Moms kelelahan dan berisiko fisik Moms nanti akan menurun menjelang persalinan. 

source: https://wrapyourbaby.com

2. Banyak Berjalan

Meski dengan berjalan sangat baik bagi Ibu hamil untuk memperlancar peredaran darah, namun jika terlau banyak berjalan maka akan menyebabkan sakit pinggang. Untuk mengurangi rasa lelah ketika berjalan, sebaiknya Moms sesekali beristirahat untuk meregangkan otot-otot kaki agar tidak terasa keram. Nah, biasanya kegiatan belanjalah yang membuat Moms tidak sadar kalau sudah berjalan terlalu lama. Duh, jaga kesehatan Si Janin ya, Moms kalau sudah hamil tua agar lebih fit ketika persalinan nanti. 

source: https://www.pinterest.com
baca juga

3.  Terlalu Lama Duduk

Ibu hamil yang masih bekerja di kantoran tentunya akan banyak menghabiskan waktu dengan duduk di depan laptop dari pagi hingga sore. Tentunya ini tidak baik untuk perederan darah dan kondisi otot yang bisa menjadi keram. Terlalu banyak duduk akan menyebabkan sakit pinggang dan sebaiknya lakukan peregangan di sela-sela pekerjaan. Misalnya Moms bisa berjalan-jalan ke di sekitar area kantor untuk meregangkan otot-otot pinggang. Selain itu berkonsultasi juga dengan dokter agar diberikan vitamim kesehatan selama hamil. 

source: https://fitpregnancy.com

4. Begadang

Tidur hingga larut malam saat hamil juga dapat menyebabkan sakit pinggang lho Moms. Hal itu bisa terjadi karena tegangnya otot-otot syaraf dan otot tubuh lainnya karena kurang beristirahat. Selain membuat waktu istirahat yang berkurang, begadang juga akan merusak mood kamu di pagi hari karena kurang tidur. Sebaiknya Moms maksimalkan waktu tidur setidaknya 8 jam dan mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur serta buah. 

source: http://www.hindustantimes.com