Para pakar kecantikan hingga Makeup Artist profesional menyebutkan bahwa mempersiapkan kulit sebelum mengaplikasikan makeup adalah langkah terpenting untuk mendapatkan hasil akhir yang halus dan tahan lama. Selain membersihkan dan mengaplikasikan moisturizer, penggunaan primer juga dapat meminimalisir makeup yang luntur akibat keringat serta membantu penyerapan minyak alami pada kulit sehingga lebih tahan lama.

Pengaruhi Hasil Makeup, Ini Tips Mudah Memilih Primer Sesuai Kebutuhan

Jadi, apakah menggunakan pore minimizer primer sebelum makeup itu penting? Jawabannya bisa iya dan bisa tidak, Moms. Kebanyakan kesalahan yang dilakukan oleh mereka yang baru akan ber-makeup adalah tidak mengetahui kebutuhan dan jenis kulit. Alhasil, menggunakan primer makeup yang salah dapat memperburuk kondisi kulit bahkan akan membuat tampilan makeup menjadi cakey.

Semua jenis kulit mulai dari kering, normal, kombinasi hingga berminyak sama-sama ingin mendapatkan hasil makeup yang tahan lama dan terlihat halus. Hal ini menimbulkan kesalahpahaman bahwa menggunakan mattifying dan pore minimizing primer merupakan sebuah keharusan tanpa memperhatikan jenis kulit. Lalu bagaimana cara mengantisipasinya? Berikut beberapa tips yang bisa Moms lakukan:

1. Kenali Jenis Kulit

Pengaruhi Hasil Makeup, Ini Tips Mudah Memilih Primer Sesuai Kebutuhan

Jenis kulit dapat dibedakan menjadi kulit kering, kulit sensitif, kulit normal, kulit berminyak hingga kulit kombinasi. Moms bisa mengetahui jenis kulit dengan melihat tampilan kulit atau bahkan kandungan sebum pada wajah.

Kulit Kering
Pemilik kulit kering biasanya akan merasa kurang nyaman setelah membersihkan wajah. Hal ini karena sebum alami pada wajah cenderung lebih sedikit sehingga kulit akan terasa kencang, pecah-pecah, dan bersisik.

Kulit Sensitif
Pemilik kulit sensitif bisa dengan mudah terdeteksi dengan seberapa seringkah wajah berubah warna menjadi kemerahan setelah mengaplikasikan produk wajah. Kulit sensitif juga ditandai dengan sering terasa kencang dan timbul rasa menusuk serta sensasi panas atau dingin pada wajah. Perlu diingat juga bahwa tingkat sensitivitas kulit masing-masing orang berbeda sehingga ada baiknya untuk melakukan tes dengan prosedur yang benar.

Kulit Normal
Beruntungnya bagi mereka yang memiliki jenis kulit normal. Pasalnya, kulit normal cenderung memiliki warna kulit merata, tekstur kulit yang lembut hingga pori-pori yang kecil. Tak hanya itu, pemilik kulit normal juga jarang dihinggapi masalah kulit seperi jerawat, komedo, noda merah dan masalah lainnya. Hal ini disebabkan karena tingkat sebum dan hidrasi pada kulit normal yang seimbang.

Kulit Berminyak
Jenis kulit berminyak adalah salah satu jenis kulit yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang terutama yang tinggal di Negara Tropis. Mudah sekali mengetahui jenis kulit ini karena kulit wajah yang berminyak cenderung lebih mudah berkilau, memiliki pori-pori besar serta mudah dihinggapi jerawat dan komedo.

Kulit Kombinasi
Berbeda dari jenis kulit lainnya, jenis kulit kombinasi merupakan gabungan dari dua jenis kulit pada wajah yang sama. Biasanya kulit kombinasi tergabung dari kulit Kering-Berminyak, Normal-Berminyak, Kering-Sensitif, Berminyak-Sensitif dan lain-lain.

baca juga

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pengaruhi Hasil Makeup, Ini Tips Mudah Memilih Primer Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui jenis kulit, tentunya Moms sudah langsung tahu jenis primer makeup apa sih yang Moms butuhkan. Berikut jenis primer yang dapat dikelompokan berdasarkan kebutuhan dan jenis kulit, seperti:

  1. Silicone-free Primer – untuk kulit kering dan sensitif
  2. Hydrating Primer – untuk kulit dehidrasi
  3. Tinted Primer – untuk kulit normal dengan pori-pori kecil
  4. Mattifying and Pore Minimizing Primer – untuk kulit berminyak dengan pori-pori besar
  5. Colour Corecting Primer – untuk segala jenis kulit
Nah, bagaimana sudah tahu jenis primer apa yang Moms butuhkan? Semoga bermanfaat, Moms