Sebelum Melahirkan
 

Membuat Perancanaan Hidup Sehat


Saat memulai program hamil atau memasuki periode awal kehamilan, sebagai seorang ibu kamu harus mulai membuat perencanaan hidup sehat. Perencaan ini meliputi mengatur pola makan, menu makan, hingga olahraga yang teratur. Pada dasarnya hal ini akan menguntungkan banyak pihak, mulai dari dirimu sendiri dan pastinya bayimu. 
 

source: https://www.instagram.com/andienaisyah/


Sejak hamil, Andien selalu rutin melakukan olahraga seperti yoga, pilates, serta olahraga dan senam lainnya. Konsisten dalam berolahraga sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh menjadi lancar.

 

baca juga

Pola Makan Yang Baik


Menu makan Andien dan suami memang selalu sehat dan bergizi sejak sebelum hingga saat hamil. Ia mengonsumsi beragam protein, buah, dan sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Misalnya, salmon, dory, tahu telur kukus dengan daging cincang, dan untuk sayurannya Andien memilih labu siam, buncis, serta brokoli. Andien juga tidak membatasi jumlah makannya sehari. Namun, ia memang menempatkan karbohidrat dan gula pada prioritas menu terakhir sehingga hanya mengonsumsinya sesekali dalam satu minggu.
 

source: https://www.instagram.com/andienaisyah/
@andienaisyah : Brunch time! Bisa dibilang, pola makan saya dan @cyclonesia dari bertahun-tahun lalu ya begini begini saja. Termasuk ketika hamil dan sekarang menyusui. Kami nggak pernah membatasi seberapa banyak kami makan, mungkin bisa 5x sehari. Dan konsumsi utamanya adalah protein, lemak, dan sayur. Buah kami makan untuk sarapan dan snacking. Yes, food combining indeed.
source: https://www.instagram.com/andienaisyah/


 


Setelah Melahirkan
 

baca juga

Pilates Olahraga Ringan Pasca Melahirkan


Setelah melahirkan, Andien tidak langsung melakukan olahraga seperti yang biasa dilakukannya. Ia hanya melakukan serangkaian pilates ringan untuk memastikan tubuhnya tetap fit dan bugar selama menjadi ibu. Metabolisme yang baik membuat tubuh Andien cepat dalam memproses segala nutrisi dan energi sehingga tubuh Andien pun cepat menjadi normal seperti sebelum hamil.
 

source: https://www.instagram.com/andienippekawa/


 

Menu Sehat Prioritas


Tidak hanya olahraga, Andin juga tetap konsisten mengonsumsi makanan dengan menu-menu prioritas dimulai dari protein, buah, sayur, dan terakhir karbohidrat dan gula. Andien selalu memilih makanan yang sehat dan bergizi untuk memastikan ASI yang diproduksi juga berkualitas untuk menutrisi baby Kawa.
 

source: https://www.instagram.com/andienaisyah/
@andienaisyah : 1000 hari pertama awal kehidupan anak dikenal juga sebagai "masa keemasan". Disebut demikian, karena perkembangan otak anak sangat cepat di waktu tersebut. 1000 hari pertama kehidupan, sangat menentukan kualitas manusia ke depannya nanti. Dan 1000 hari pertama kehidupan itu sangat bergantung pada nutrisi dan stimulasi. Yes, YOU ARE WHAT YOUR MOTHER EAT.
source: https://www.instagram.com/andienaisyah/


Jadi, menjaga pola makan bukan berarti egois hanya untuk menjaga postur dan keindahan tubuh sang ibu, tetapi juga memberikan nutrisi baik untuk buah hati tercinta. Selamat memulai pola hidup sehat, Moms!