1. Cumi Goreng Tepung

Inspirasi masakan cumi yang pertama adalah cumi goreng tepung. Masakan ini sangat disukai anak-anak. Bahkan saat ini cumi goreng tepung menjadi jajanan yang hits. Moms bisa membuat adonan tepung dari tepung serba guna, tepung beras, tepung tapioka ataupun tepung panir. Setelah mencuci bersih cumi-cumi, celup cumi ke dalam adonan tepung basah lalu adonan tepung kering, agar cumi-cumi terbalut tepung seluruhnya. Kemudian goreng dengan api kecil. Cumi goreng tepung cocok disajikan bersama saus sambal atau saus mayonaise.
1. Cumi Goreng Tepung
source: http://www.dapurkobe.co.id

2. Cumi Goreng Mentega

Cumi goreng mentega juga menjadi salah satu primadona masakan cumi. Rasanya yang gurih dan manis membuat nafsu makan meningkat. Untuk bumbunya, Moms perlu menyiapkan margarin, gula, garam, cabai dan kuning telur sebagai bumbunya. Untuk bahan cuminya setelah dibersihkan, balur cumi dengan ulegan bawang putih, jahe dan garam kemudian goreng cumi. Lalu tumis cumi dengan bumbu mentega awal. Aduk hingga bumbu mentega meresap ke dalam cumi. Pastikan cumi sudah matang lalu angkat dan sajikan selagi hangat.

2. Cumi Goreng Mentega
source: https://www.resepmasakenak.com/
baca juga

3. Cumi Telur Asin

Masakan olahan telur asin atau salted egg tengah populer belakangan ini. Salah satu masakan olahan cumi yang digemari adalah olahan cumi telur asin. Rasa khas saus telur asin yang berpadu dengan gurihnya cumi goreng tepung, memang tiada duanya. Bikin ingin tambah terus! Ternyata membuatnya tidak susah, loh, Moms! Moms bisa memulainya dengan menggoreng cumi dengan tepung lalu disisihkan. Tumis bawang putih, cabai, saus tiram, daun bawang dan kuning telur asin hingga larut. Setelah itu, masukkan cumi yang digoreng lalu diaduk hingga bumbu merata. Sajikan selagi hangat!
3. Cumi Telur Asin
source: http://www.cookpad.com

4. Cumi Asam Manis

Olahan cumi juga bisa dibuat masakan asam manis. Tekstur daging cumi yang lembut cocok dengan saus asam manis yang lezat saat disantap. Membuat saus asam manis pun cukup mudah. Moms bisa dapat menumis bawang putih, bawang bombay dan mencampurnya dengan saus tomat, saus sambal dan saus tiram. Tambahkan gula dan garam sebagai perasa. Saus asam manis ini bisa disiram ke cumi yang sudah digoreng atau disajikan sebagai saus. Moms bisa menumis saus asam manis dengan cumi, atau menyiram saus asam manis ke atas cumi yang digoreng tepung. Keduanya sama-sama lezat!
4. Cumi Asam Manis
source: http://www.cookpad.com
baca juga

5. Cumi Tinta Hitam

Masakan cumi tinta hitam juga banyak disukai akhir-akhir ini. Di balik penampilan yang unik dan berwarna hitam ternyata rasanya enak dan bikin ketagihan. Untuk memasak masakan ini, Moms perlu menyiapkan tinta cumi sebelumnya. Moms bisa membeli cumi yang utuh dan segar, lengkap dengan kantong tinta hitamnya. Memasaknya pun cukup mudah, setelah cumi dibersihkan, tumis bawah merah, bawang putih dan cabai hijau dengan margarin. Tambahkan daun jeruk dan lengkuas. Tambahkan gula dan garam seagai perasa.

Setelah bumbu harum, campurkan cumi dan aduk hingga rata. Pecahkan kantong tinta cumi dan aduk hingga mengental. Bila terlalu kental, tambahkan air kemudian aduk kembali. Sajikan masakan cumi tinta hitam selagi hangat dengan nasi panas.

5. Cumi Tinta Hitam
source: http://www.pinterest.com

Ternyata cukup banyak masakan olahan cumi yang mudah dan bisa diterapkan di rumah. Kira-kira yang mana jadi masakan cumi favorit Moms? Jangan lupa untuk memilih cumi yang masih segar dan tidak berbau amis ya!