Belakangan ini penduduk Jakarta dan sekitarnya dihebohkan dengan indeks pemantau kualitas udara AirVisual. Pasalnya, sempat tercatat bahwa indeks kualitas udara di Jakarta sempat  mencapai 154 yang artinya masuk tergolong dalam kategori 'tidak sehat'. Itulah yang akhirnya menyebabkan Jakarta disebut-sebut menduduki peringkat kedua untuk kota paling berpolusi.

Tips Olahraga yang Aman dan Sehat di Tengah Tingginya Polusi Udara Perkotaan
source: https://www.m3india.in/

Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, kualitas udara yang buruk dapat berdampak serius pada kesehatan, khususnya organ pernafasanmu. Selain itu, bagi Mommy yang tinggal di area dengan tingkat polusi tinggi, waktu olahraga juga tidak boleh sembarangan untuk dipilih. Apalagi jika ingin dilakukan di luar ruangan. 

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of American Heart Association, ditemukan bahwa kualitas udara yang buruk dapat menurunkan khasiat atau manfaat kesehatan dari olahraga itu sendiri. Pasalnya, olahraga tidak akan berjalan dengan efektif, malah dapat berisiko bagi kesehatan pernafasan. 

Tips Olahraga yang Aman dan Sehat di Tengah Tingginya Polusi Udara Perkotaan
source: https://news.yahoo.com/

​​​​​​Jika berolahraga di luar ruangan dengan tingkat polusi yang tinggi, itu sama saja Mommy sedang meningkatkan paparan polusi udara ke dalam tubuh. Ini tentu dapat berdampak langsung pada gangguan respirasi.

baca juga

Perlu dicatat, berolahraga di luar ruangan dengan udara kotor sangat berisiko menyebabkan gangguan pernapasan. Pasalnya, ketika seseorang berolahraga, seperti berlari atau bersepeda, mereka akan cenderung mengambil napas lebih dalam. Itu dapat membuat seseorang bernafas tanpa memfilter udara. Inilah yang akhirnya membuat seseorang cenderung menghirup polusi yang lebih banyak.

Tips Olahraga yang Aman dan Sehat di Tengah Tingginya Polusi Udara Perkotaan
source: https://img.huffingtonpost.com/

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Moms coba untuk lakukan olahraga di area dengan tingkat polusi tinggi dilansir dari CNNIndonesia:

  1. Periksa kualitas udara sebelum melakukan olahraga di luar ruangan. Hindari berolahraga jika kualitas udara sedang sangat buruk
  2. Pilih rute olahraga yang baik. Hindari area jalan raya dengan lalu lintas yang padat. Rute dengan banyak pohon dan tanaman lebih direkomendasikan.
  3. Hindari berolahraga di area dengan banyak bangunan tinggi. Bangunan tinggi berpotensi membuat  polutan lebih berkumpul di jalanan. 
  4. Hindari berolahrada di siang hari. Pilihlah waktu pagi atau sore untuk kualitas udara yang lebih baik.
  5. Pastikan berolahraga di luar jam sibuk lalu lintas untuk menghindari banyaknya asap dan polusi kendaraan.

Itulah beberapa tips berolahraga di area berpolusi tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!