Afgan merilis lagu berbahasa Korea

Tanggal 16 November 2019 kemarin pastinya jadi hari yang tak terlupakan bagi para Afganisme di Korea. Hal ini karena idola mereka, Afgan, hadir dan tampil bersama VLIVE di Seoul. Dalam acara fan meetingnya kali ini, Afgan tidak hanya bertemu dengan fans, tapi juga berkesempatan untuk membawakan lagu-lagu hitsnya. 

Diantara sederetan lagu yang di tampilkan, ada sebuah lagu yang membuat banyak orang terpukau. Lagu “Sudah” dari album “Dekade” ia bawakan dengan bahasa Korea. 

Baru Dirilis, Lagu Afgan - 'Sudah' Versi Korea Dipuji Cocok Jadi OST Drakor

Afgan mengatakan, keputusannya merilis lagu "Sudah" dalam bahasa Korea bisa terbilang mendadak, lebih tepatnya saat ia bertemu dengan salah satu tim MTV Asia bernama Adam. 

"Jadi waktu syuting untuk acara MTV Ride, saya cerita ke dia kalau saya mau perform dan fan meeting di Korea Selatan. Lalu, dia ngasih ide untuk membawakan lagu 'Sudah' dalam bahasa Korea," ujar Afgan kepada awak media.

Lirik lagu yang menyatu dengan melodi 'ballad'

Menurut Afgan, saat itu Adam bilang bahwa lagu 'Sudah' punya melodi ballad yang memiliki sedikit kesamaan dengan lagu-lagu ballad Korea. 

Atas saran itu, Afgan pun meminta Adam untuk menerjemahkan lagu itu ke dalam bahasa Korea. Hasilnya, Afgan mengaku puas dengan hasil terjemahan Adam dalam bahasa Korea itu. 

Baru Dirilis, Lagu Afgan - 'Sudah' Versi Korea Dipuji Cocok Jadi OST Drakor

"Akhirnya saya minta tolong ke Adam untuk menerjemahkan lagu ini dalam bahasa Korea. Dan, saat saya bawakan dalam bahasa Korea, semua terasa pas. Adam mampu menerjemahkan lagu ini ke dalam bahasa Korea sehingga lirik dan melodinya bisa menyatu. Jadi saya juga amaze dengan hasilnya. Dan saat saya bawakan dalam acara fan meeting pun responnya sangat bagus, Hal ini membuat saya berpikir untuk merekam lagu ini dalam bahasa Korea. Mungkin akan dirilis di Korea juga. But, I don’t know, just an idea so far. But I want to do it,” ungkap penyanyi 30 tahun tersebut yang baru saja menerima penghargaan VLIVE Awards V Heartbeat 2019 sebagai Artis Favorit Indonesia.

Sebelumnya, Afgan pernah mendapatkan penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018 sebagai Best Asian Artist (Indonesia). Acara ini dihadiri oleh banyak idol Korea Selatan, seperti BTS, Wanna One, TWICE, Chungha, IZ*ONE, SEVENTEEN, MOMOLAND, Oh My Girl, GOT7, WJSN, Sunmi, Heize, Tiger JK, Nafla, The Quiett, Roy Kim, Anak Mommy, BewhY dan lainnya.

baca juga

Lagu "Sudah" dalam bahasa Korea mendapat respon baik

Afgan patut berbangga, karena lagu tersebut tak hanya mendapat respon baik di kalangan penggemarnya di Korea saja, namun juga di Indonesia. Banyak diantaranya yang mengharapkan lagu ini di produksi secara prefessional. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang berharap lagunya tersebut menjadi soundtrack drama Korea. 

Melihat antusiasme tersebut akhirnya Trinity Optima Production meluncurkan kembali lagu “Sudah” dalam bahasa Korea. Dan lagu ini sudah bisa didengarkan di akun VLIVE Afgan pada tanggal 29 November 2019 dan bisa ditonton di Youtube Trinity Optima Production pada tanggal 1 Desember 2019. 

youtube:U7xYq31QyzM
source: https://youtu.be/U7xYq31QyzM
Afgan - Sudah (Korean Version)

Hingga saat ini, lagu "Sudah" tersebut telah ditonton sebanyak 215 ribu kali dan mendapatkan 23 ribu likes. Dan berikut penggalan lirik lagu "Sudah" atau "Gu Man" dalam bahasa Korea:

geuman ije neureoul nwajulkke
sa~rang hanttaen jeonbuyeosseossdeon
ijen modeun geol da alge dwaesseo
ne jalmosi jeongnyeong anieossdan  geol...