Postpartum distress syndrome atau populer dikenal dengan istilah baby blues, adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gangguan mood yang diidentifikasi dengan adanya gejala depresi post-natal, yaitu depresi pasca melahirkan.
 

Ternyata Baby Blues Juga Bisa Terjadi pada Ayah! Ini Dia Tanda-Tandanya!
source: http://www.sehatmagz.com/


Kondisi ini memang banyak terjadi pada ibu, apalagi saat seorang wanita harus mulai mengurus bayi selama 24 jam. Namun, pada kenyataannya, sebuah riset menunjukan bahwa baby blues juga dapat terjadi pada orang ayah.
 

Baby Blues Pada Ayah


Baby blues pada ibu biasanya terjadi saat seorang wanita mengalami periode adaptasi peran yang juga ditambah dengan perubahan hormon sebelum hamil, saat hamil, dan setelah hamil yang sangat signifikan. Namun, bagi ayah yang tidak mengalami proses itu, kira-kira apa ya faktor penyebab depresi post-natal yang dialami? 

Nah, berikut ini adalah 3 faktor utama yang banyak menjadi alasan depresi yang terjadi pada seorang ayah baru : 

  1. Belum siap menjadi ayah. Rasa gelisah, tidak tenang, serta khawatir akan timbul saat seorang pria merasa belum percaya diri secara utuh untuk menjadi seorang ayah. Kekhawatiran yang besar mengenai beban dan tanggung jawab sebagai seorang kepala rumah tangga, suami, dan ayah membuat para pria ini menjadi tertekan dengan kehadiran buah hati. 
  2. Kekhawatiran finansial. Sebagai kepala keluarga, seorang pria akan sangat khawatir kalau nantinya ia tidak mampu memenuhi kebutuhan finansial keluarga. Khususnya setelah kelahiran anak. 
  3. Tidak percaya diri dengan peran baru. Pada periode awal kelahiran, seorang ayah yang mengalami baby blues biasanya tidak percaya diri dengan kemampuannya sebagai sosok ayah. Menjadi ayah yang baik adalah keinginannya, tetapi rasa cemas dan khawatir tidak bisa memberikan yang terbaik bagi keluarganya sering membuat para pria menjadi putus asa dan kehilangan mood. 
Baby Blues Pada Ayah
source: http://nakita.grid.id/


 

baca juga

Tips Mengatasi Baby Blues Pada Ayah


Jika seorang ayah mengalami baby blues, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk segera mengatasinya :

1. Saling Terbuka Dan Memberikan Pengertian Antar Pasangan

Hal pertama yang perlu kamu sadari saat mengalami baby bluesadalah bersifat terbuka dan memberikan pengertian kepada pasangan satu sama lain. Lakukan kebiasaan untuk berbicara dari hati ke hati bersama pasangan. Peran baru dan tanggung jawab baru berada pada pundak ayah dan ibu. Karena itu, kamu harus saling mendukung satu sama lain. Identifikasi penyebab bersama-sama akan menjadi langkah awal yang baik untuk melawan baby blues.

2. Hindari Pikiran Negatif 

Kamu memang tidak bisa terbuka seutuhnya pada orang lain mengenai kondisi baby blues yang kamu alami. Carilah orang-orang yang dapat memberikan komentar dan saran membangun serta memiliki pikiran yang terbuka. Hindari orang-orang yang malah membawa beban dengan komentar meremehkan atau menjatuhkan mentalmu. 

3. Konsultasikan Kondisimu Ke Ahli

Jika baby blues ini terjadi dalam periode yang lama, kamu perlu untuk segera bertemu dengan psikolog atau dokter. Konsultasikan masalahmu agar dapat diberikan solusi terbaik. Solusi yang diberikan dapat merupa saran-saran dan masukan membangun dan juga obat anti depresan untuk mengurangi tingkat stres pada ayah.
 

Tips Mengatasi Baby Blues Pada Ayah
source: http://jabar.tribunnews.com/