Bolehkah Ibu Menyusui Makan Jengkol?

Dilansir HaiBunda, konselor laktasi dari RSIA Tambak, dr.Yolanda Safitri, MPH(M) mengatakan selama bayi tidak memiliki alergi, ibu yang sedang dalam masa menyusui tidak masalah jika ingin makan jengkol. Dengan kata lain tidak ada pantangan ibu menyusui makan jengkol.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Jengkol?
source: https://www.haibunda.com/
"Yang dipantang makanan yang bikin ibunya alergi," ujar Yolanda.
source: https://www.haibunda.com/

Menurut Yolanda, sebenarnya selama ini belum ada penelitian yang meneliti apakah jengkol bisa membuat ASI menjadi bau jika dikonsumsi ibu menyusui. Untuk itu, tidak bisa dikatakan juga, Moms, kalau jengkol bisa merugikan atau tidak karena belum ada evidence based-nya.

"Jadi, kalau memang ibunya mau makan ya enggak apa-apa, sambil dilihat respons bayi dan aroma ASI. Kalau memang ada perubahan perilaku bayi misalnya dia jadi enggak mau menyusu, ya berarti distop makan jengkolnya," tambah Yolanda.

Tapi, jika tidak ada perubahan perilaku bayi, proses menyusui masih lancar, Moms dipersilahkan melanjutkan mengonsumsi jengkol. 

Berapa jumlah jengkol yang aman dikonsumsi ibu menyusui?

Moms, perlu diketahui, ya, jengkol memiliki kandungan asam jengkolat yang berbentuk seperti kristal yang bersifat sama seperti asam urat. Kristal-kristal ini ada di dalam urine. Nah, saat Moms mengonsumsi jengkol secara berlebihan, kristal-kristal ini lebih mudah menyatu yang nantinya akan menyebabkan Moms kesulitan dalam membuang air kecil.

Berapa jumlah jengkol yang aman dikonsumsi ibu menyusui?

Aturan untuk mengonsumsi jengkol yang aman yaitu dengan tidak langsung menghabiskan satu porsi atau satu piring jengkol. Moms wajib mengurangi jumlahnya dan langsung meminum air putih yang banyak setelah makan jengkol. Hal tersebut akan membuat kristal-kristal di dalam jengkol tidak mudah menyatu dan bisa langsung dikeluarkan lewat urine. Demi kenyamanan dan kesehatan si Kecil yang sedang diberikan ASI secara eksklusif, sebaiknya Moms mengonsumsi jengkol sesekali saja dan tidak terlalu berlebihan. 

Nah Moms, jadi tidak masalah, ya, jika ibu menyusui ingin makan jengkol. Namun, Moms perlu memastikan bahwa jengkol yang Moms konsumsi sudah dimasak secara matang agar tidak mengandung bakteri seperti Listeria.