Dilansir dari DetikFood, white tea atau teh putih berasal dari tanaman Camellia Sinensis, yang merupakan tanaman teh pada umumnya. Yang menjadi pembeda adalah teh putih dipanen saat pucuknya masih mudah dan berbentuk kuncup. Daun teh ini juga masih diselimuti dengan rambut halus yang berwarna putih. Semakin istimewa, teh putih hanya memilih 2-3 helai pucuk teratas yang dipetik. Daun teh kuncup yang sudah dipetik kemudian dilayukan selama 72 jam dan dikeringkan untuk mencegah oksidasi.
Berkhasiat Turunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Teh Putih bagi Kesehatan
source: http://www.coffeedesk.pl

Karena proses yang berbeda, harga teh putih dibanderol cukup mahal. Untuk rasanya pun berbeda dengan teh biasanya. Selain itu, teh putih juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, di antaranya:

1. Mencegah kanker

Kandungan dalam teh putih adalah polifenol atau yang dikenal dengan katekin. Salah satu penelitian dalam Journal of Inflammation, menunjukkan bahwa katekin dalam teh putih dapat membantu mencegah kanker. Hal ini disebabkan katekin dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Di mana antioksidan ini dapat membantu melindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat memicu kanker.

1. Mencegah kanker
source: http://www.istock.com
baca juga

2. Menurunkan berat badan

Sama dengan teh hijau, teh putih juga memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Senyawa epigallocatechun gallate dalam teh putih berdampak pada proses pembakaran lemak dalam tubuh. Sebuah studi mengatakan bahwa ekstrak teh putih dapat merangsang proses pemecahan lemak. Selain itu, teh putih mampu meningkatkan metabolise 4-5%. Hal ini sama seperti membakar 70-100 kalori ekstra per hari. Konsumsi teh putih secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Menurunkan berat badan
source: https://blog.yanhoutang.com

3. Terhindar dari penyakit jantung

Manfaat teh putih pada kesehatan selanjutnya adalah terhindar dari risiko penyakit jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Kandungan dalam teh putih, polifenol berfungsi menjaga kesehatan jantung. Polifenol dapat mencegah kolesterol jahat masuk ke dalam tubuh. Sebab kolesterol yang tinggi dapat menyumbat aliran darah menuju jantung. Polifenol dapat memecah kolesterol dan menghindari risiko terkena penyakit jantung.

3. Terhindar dari penyakit jantung
source: https://www.marketjournal.co.uk/
baca juga

4. Mencegah osteoporosis

Tidak banyak yang tahu, bahwa teh putih mengandung zat besi dan kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang. Kandungan ini dapat melindungi tulang dari risiko osteoporosis. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan nutrisi dalam teh putih dapat melawan pengeroposan tulang, penyebab osteoporosis. Dengan rutin mengonsumsi teh putih dan makanan tinggi kalsium, dapat menghindari kerapuhan dan pengeroposan tulang serta sendi.

4. Mencegah osteoporosis
source: http://www.gettyimages.com

5. Mencegah pikun

Kandungan polifenol dalam teh putih bermanfaat banyak bagi kesehatan, salah satunya dapat membantu melawan risiko terkena penyakit Alzheimer atau pikun dan Parkinson. Polifenol bekerja dengan cara melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan dalam teh putih juga dapat membantu mencegah penggumpalan protein pada otak. Di mana penggumpalan protein pada otak ini dapat merusak saraf di otak dan mengakibatkan penyakit Parkinson dan Alzeheimer.

5. Mencegah pikun
source: http://www.istock.com

Ternyata manfaat kesehatan yang didapat dari teh putih cukup banyak. Walau tidak banyak dikenal, teh putih memberikan segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Tertarik mencoba teh putih, Moms?