1. Menabung di awal

Menabung bukan berarti dilakukan ketika ada 'uang sisa'. Menabung artinya menyisihkan sebagian uang yang dimiliki. Sebaiknya, menabung dimulai ketika mendapatkan pemasukan atau gaji. Sisihkan uang dengan nominal tertentu untuk ditabung. Tabung sebagian uang tersebut sebelum mengalokasikan uang untuk keperluan yang lain. Dengan begini, tabungan akan aman dan keuangan menjadi lebih teratur.

1. Menabung di awal
source: https://turbotax.intuit.com/

2. Tentukan tujuan menabung

Seperti yang disampaikan di awal, tiap orang memiliki tujuan menabung, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tentukan tujuan dan prioritas dalam menabung. Dengan adanya tujuan menabung, Moms akan lebih bersemangat dan terarah. Adanya tujuan yang jelas akan membuat menabung lebih efektif. Gunakan tujuan menabung ini sebagai motivasi, misalkan menabung untuk membeli rumah atau menabung untuk liburan akhir tahun dengan keluarga.
2. Tentukan tujuan menabung
source: http://www.gettyimages.com
baca juga

3. Dimulai dari nominal kecil

Menabung tidak harus dimulai dengan menyisihkan uang dalam jumlah banyak. Bila pemasukan atau gaji pas-pasan, tidak perlu memaksakan diri untuk menabung dengan nominal besar. Mulailah dengan nominal kecil namun teratur tiap bulannya. Bila ada kenaikan gaji atau pemasukan, usahakan nominal tabungan juga meningkat. Walaupun nominalnya kecil, bila dilakukan dengan displin, lama-lama akan menjadi bukit.
3. Dimulai dari nominal kecil
source: http://www.gettyimages.com

4. Catat pengeluaran

Terkadang kesulitan utama yang dihadapi ketika menabung adalah tidak adanya 'uang sisa'. Semua uang habis dibelanjakan untuk kebutuhan dan keperluan lain. Cobalah untuk mencatat pengeluaran dan membuat anggaran keuangan dalam 1 bulan ke depan. Pastikan mana kebutuhan yang harus dipenuhi dan mana yang tidak perlu. Apabila dapat mengelola keuangan dengan baik, uang tidak akan habis begitu saja, dan masih bisa untuk ditabung.
4. Catat pengeluaran
source: http://www.bigstock.com
baca juga

5. Masukkan 'uang sisa' dan bonus dalam tabungan

Bila ada 'uang sisa' pengeluaran atau anggaran bulan ini, jangan dihabiskan dalam sekejap. Coba untuk tabung 'uang sisa' pengeluaran ini. Hal ini berlaku juga untuk bonus. Biasanya di bulan-bulan tertentu, kantor memberikan bonus pada karyawannya. Usahakan tidak menghambur-hamburkan bonus. Sisihkan sebagian bonus untuk ditabung.

5. Masukkan 'uang sisa' dan bonus dalam tabungan
source: http://www.gettyimages.com
Bila ada pemasukan lain, Moms bisa menabung lebih banyak dari awal. Tabungan yang sudah dimiliki pun bisa dibuat investasi. Namun, pastikan Moms paham tentang investasi ini, agar tidak rugi nantinya.

Kunci keberhasilan menabung adalah komitmen dan displin. Tanpa dua hal tersebut, menabung tidak akan berjalan lancar. Semangat menabung ya, Moms!