Festival Lentera Raksasa, Filipina

From estival Lentera Raksasa (Ligligan Parul Sampernandu) biasanya selalu diadakan setiap tahun pada akhir pekan sebelum Malam Natal di kota San Fernando yang terkenal sbeagai ibukota Natal di Filipina. Festival ini selalu meriah dan menarik para penonton dari seluruh penjuru negara, bahkan seluruh dunia. Disana, sebelas barangay (desa) ikut menjadi bagian dalam festival ini untuk bersaing membangun lentera yang paling rumit. Umumnya, lentera yang diterbangkan terbuat dari berbagai bahan dengan besar sekitar 6 meter! Semua lentera tersebut tampak cantik dengan kilauan lampu listrik.

5 Tradisi Natal dari Berbagai Negara, Ada yang Aneh Banget!
source: http://www.giantlanterns.com/


Kentucky Fried Christmas Dinner, Jepang

Meskipun bukan Negara dengan mayoritas penganut Kristen, Jepang juga tidak absen salam perayaan spesial di hari Natal. Mereka bahkan juga ikut serta dalam beberapa tradisi Natal seperti pemberian hadiah dan pertunjukan cahaya. Yang menarik, mereka juga punya tradisi unik di mana mereka akan memakan ayam goreng KFC sebagai menu makan malam di malam Natal. Bahkan KFC Jepang juga selalu menyiapkan paket spesial Natal ada tiap tahunnya.

5 Tradisi Natal dari Berbagai Negara, Ada yang Aneh Banget!
source: https://www.businessinsider.com/
baca juga


The Yule Lads, Iceland

Sejak 13 hari menjelang Natal, 13 karakter Natal akan “keluar” untuk beraksi di Islandia. Yule Lads (jólasveinarnir atau jólasveinar di Islandia) akan mendatangi anak-anak di seluruh negeri pada 13 malam menjelang Natal. Pada malam Yuletide, anak-anak akan menempatkan sepatu terbaik mereka di dekat jendela dan untuk Yule yang berkunjung agar mendapatkan hadiah untuk anak perempuan dan anak laki-laki yang baik. Sedangkan anak-anak yang nakal akan mendapat kentang busuk. Menarik, ya! 

5 Tradisi Natal dari Berbagai Negara, Ada yang Aneh Banget!
source: https://www.northiceland.is/


Saint Nicholas Day, Jerman

Jerman juga memiliki tradisi tersendiri untuk hari Natal di mana Weihnachtsmann (Father Christmas), Nikolaus, akan melakukan perjalanan dengan keledai di tengah malam pada tanggal 6 Desember (Nikolaus Tag) dan meninggalkan hadiah kecil seperti koin, coklat, jeruk dan mainan di sepatu anak-anak yang baik di seluruh Jerman. Tradisi ini khususnya dilakukan di wilayah Bavaria. St. Nicholas juga mengunjungi anak-anak di sekolah atau di rumah. Sebagai imbalan untuk permen atau hadiah kecil yang akan didapat, setiap anak harus membacakan puisi, menyanyikan lagu atau menggambar. Serunya!

5 Tradisi Natal dari Berbagai Negara, Ada yang Aneh Banget!
source: https://www.supremesupports.com.au/
baca juga


Tradisi Sapu, Norway

Mungkin salah satu tradisi Malam Natal yang paling tidak lazim terjadi di Norwegia, di mana orang menyembunyikan sapu mereka pada malam menjelang Natal. Ini merupakan tradisi yang berabad-abad lalu telah dilakukan turun temurun. Ini dilakukan ats dasar kepercayaan bahwa penyihir dan roh jahat keluar pada malam Natal untuk mencari sapu untuk dinaiki. Hingga hari ini, banyak orang masih menyembunyikan sapu mereka di tempat teraman di rumah untuk mencegah mereka dicuri oleh para penyihir.

5 Tradisi Natal dari Berbagai Negara, Ada yang Aneh Banget!
source: https://www.tripaneer.com/


Itulah beberapa tradisi unik Natal dari beberapa negara. Menarik, bukan?