1. Kaki bengkak dan nyeri

Umumnya kaki mengalami bengkak atau nyeri akibat benturan, sehingga membuat kaki terasa sakit dan memar. Namun bila akhir-akhir ini tidak mengalami benturan, maka kaki yang bengkak dan nyeri mengungkapkan kondisi kesehatan yang lain. Kaki yang bengkak, nyeri dan kemerahan menjadi salah satu ciri terkena asam urat. Hal ini dikarenakan adanya akumulasi kristal asam urat di jari kaki yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan nyeri. Kaki yang bengkak dan nyeri menandakan tingginya kadar asam urat dalam darah.
1. Kaki bengkak dan nyeri
source: http://www.us-news.com

2. Kram kaki

Kaki yang kram umumnya menyerang ketika salah otot atau kurang pemanasan saat olahraga. Namun bila kaki kram diikuti rasa nyeri dan sering terjadi, menandakan kondisi tubuh yang kurang baik. Nyeri dan kram kaki merupakan tanda kekurangan gizi pada tubuh dan dehidrasi. Kram kaki juga dapat menandakan adanya masalah pada saraf bagian bawah tubuh.

2. Kram kaki
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

3. Perubahan bentuk jari kaki

Jika dalam belakangan ini, bentuk jari kaki terlihat aneh atau berubah, artinya ada masalah dalam organ tubuh. Perubahan bentuk dan kuku jari menandakan organ dalam seperti jantung dan paru-paru sedang tidak dalam kondisi prima. Hal ini disebabkan pasokan oksigen dalam darah berkurang, sehingga dapat mengakibatkan kesulitan bernafas dan melambatnya detak jantung.
3. Perubahan bentuk jari kaki
source: http://www.gettyimages.com

4. Luka tak kunjung sembuh

Gejala ini biasanya dialami oleh penderita diabetes. Luka pada kaki yang tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama. Pemulihan luka yang lambat ini disebabkan karena aliran sel darah putih ke bagian kaki berkurang, sehingga menyebabkan kerusakan dan kematian sel. Selain luka yang tidak kunjung sembuh, penderita diabetes biasanya menderita kaki yang membengkak dan nyeri.

4. Luka tak kunjung sembuh
source: http://www.hellosehat.com
baca juga

5. Rambut kaki rontok

Rambut kaki yang cenderung rontok atau perlahan-lahan menghilang menandakan adanya penurunan sirkulasi darah. Biasanya penurunan sirkulasi darah ini terjadi akibat kolesterol yang tinggi, sehingga menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Rambut rontok juga menjadi penanda bahwa kelenjar tiroid kurang aktif. Selain rambut rontok, kelenjar tiroid yang kurang aktif dapat menyebabkan kaki terasa dingin.

5. Rambut kaki rontok
source: http://www.gettyimages.com

Nah, tadi adalah 5 kondisi kaki yang menggambarkan kesehatan pada tubuh. Bila mengalami salah satu gejala di atas, segerakan periksa ke dokter, ya, Moms! Jangan lupa untuk menjalani hidup sehat, makan makanan bergizi dan rajin olahraga, ya.