ASI Tidak Lancar


ASI tidak lancar seringkali membuat para ibu menjadi sedih dan putus ada dengan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan gizi buah hati. Sebenarnya ASI tidak lancar adalah hal yang biasa, seorang ibu hanya perlu untuk mengetahui penyebabnya dan segera mencari solusinya. Beberapa faktor yang menjadi pemicu produksi ASI juga dapat kamu upayakan untuk dapat memproduksi ASI secara lancar.
 

ASI Tidak Lancar
source: http://bundanet.com/


 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi ASI


ASI yang tidak lancar pada dasarnya dipengaruhi oleh banyak hal. Yuk, kenali faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ASI berikut ini :

1. Makanan

Faktor pertama yang perlu kamu evaluasi adalah makanan. Periksa kembali kandungan gizi dan nutrisi yang ibu konsumsi untuk memperlancar produksi ASI. Pastikan kamu banyak mengonsumsi protein, buah, dan sayuran hijau yang kaya akan asam folat untuk menghasilkan ASI yang banyak dan berkualitas. 

2. Kondisi Jiwa dan Pikiran

Ketenangan kejiwaan dan pikiran ibu sangat mempengaruhi metabolisme tubuhnya. Hal inilah yang menyebabkan seorang ibu yang mengalami stres atau depresi akan kesulitan untuk memproduksi ASI yang cukup untuk buah hati. Karena itu, cobalah untuk terus menenangkan pikiran dengan banyak melakukan refreshing.

3. Pemakaian Alat Kontrasepsi

Ibu yang menggunakan alat kontrasepsi setelah melahirkan perlu untuk mempertimbangkan jenis alat kontrasepsi yang akan digunakan. Alat kontrasepsi hormonal akan mengganggu kerja hormon yang nantinya berpengaruh pada perubahan bentuk badan hingga mengganggu produksi ASI. 

4. Perawatan Payudara

Saat menyusui, cobalah untuk rutin melakukan perawatan payudara agar tetap bersih, sehat, dan terawat. Perawatan payudara juga mampu mempengaruhi produksi ASI sebab proses hipofisis akan membantu tubuh mengeluarkan hormon praktilon dan oksitosin. 

5. Kelenjar Susu Pada Payudara

Tiap payudara memiliki jumlah kelenjar air susu yang berbeda-beda. Jumlah ini tidak dipengaruhi oleh besarnya payudara. Jadi, jika payudaramu besar, tetapi jumlah produksi ASI-nya sedikit, bisa jadi itu disebabkan kelenjar susu yang sedikit dalam payudaramu.

6. Pola Istirahat

Terakhir, pola istirahat juga mampu mempengaruhi produksi ASI seorang ibu. Hindari bekerja yang terlalu banyak menghabiskan energi. Perbanyak istirahat sehingga ASI dapat diproduksi dengan lebih maksimal. 

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi ASI
source: http://www.sehatfresh.com/


 

baca juga

Tips Melancarkan Produksi ASI


Nah, untuk memperlancar ASI, kamu dapat menyimak beberapa tips untuk memperlancar produksi ASI dalam liputan berikut ini :
 

youtube:DPxhi8LKRJo
source: https://www.youtube.com/watch?v=DPxhi8LKRJo
Dr Oz Indonesia Makanan Pelancar ASI Bayi


Kamu juga dapat melakukan pemijatan payudara untuk memperlancar keluarnya ASI dari payudara. Hindari juga konsumsi rokok dan minuman beralkohol untuk menjaga kesehatan tubuh ibu.