Mengalami stres kemungkinan dialami semua orang terlebih dalam dunia kerja. Beberapa faktor yang membuat perasaan stres muncul yakni tuntutan atau deadline dari atasan, merasa hasil pekerjaan yang dilakukan kurang maksimal, kurang menyukai pekerjaan yang sedang dikerjakan, atau mungkin karena lingkungan kantor yang tidak nyaman, dan masih banyak lagi alasannya. Perasaan stres sendiri tidak bisa dihilangkan 100%, tetapi bisa dikontrol atau dikurangi. Banyak masalah, tentu banyak pula cara untuk mengatasinya. Sama halnya dengan stres. Berikut di bawah ini berbagai cara mengurangi stres di tempat kerja yang bisa moms praktikkan:
Mengalihkan Pikiran Sejenak
Hanya kamu yang bisa mengontrol pikiranmu. Saat pikiranmu memikirkan hal-hal kantor yang justru akan menambah parah tingkat stres, sebaiknya pikirkan hal lain yang akan memberikan sensasi membahagiakan. Cara mengalihkan pikiran bisa dengan menonton video-video pendek dengan tingkat kelucuan tinggi, menulis, menggambar dan membaca cerita.
Membuat Plan Aktivitas
Membuat plan aktivitas baik aktivitas kantor, hangout Bersama teman, bermain sosial media, istirahat, hingga ‘me time’ sangatlah penting agar seluruh kegiatan menjadi seimbang. Kegiatan seimbang tidak akan menambah beban pikiran. Kamu bisa mengatur ingin melakukan apa hari ini, durasi yang diperlukan seperti durasi bekerja, menonton tv, dan membaca buku. Jika semuanya sudah direncanakan dengan seimbang, kamu tidak akan merasa tertekan. Bekerja terlalu keras dan lama juga tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental, lho.
Membangun Komunikasi Baik dengan Rekan Kerja
Mengalami konflik dengan rekan kerja kadang membuat kita tidak nyaman hingga menimbulkan stres, maka dari itu kamu bisa mulai menciptakan komunikasi yang baik dengan rekan kerja. Salah satunya dengan bersifat terbuka seperti menceritakan lingkungan keluargamu, atau memulai obrolan yang berat maupun berat. Cara lainnya, kamu bisa coba mengajak rekan kerja pergi makan Bersama atau hangout setelah pulang kerja atau akhir pekan. Jika lingkungan kerja tidak nyaman, alangkah baiknya kamu tidak mudah terbawa suasana dengan selalu berpikir positif.
Tarik Nafas Dalam-dalam
Lakukan tips ini, menarik nafas dalam-dalam selama 2-5 menit untuk merilekskan syaraf-syaraf otak yang tegang, sehingga pikiran kembali fokus untuk melanjutkan pekerjaan. Terbilang sederhana, tapi cara ini mampu meredakan stres di tempat kerja. Menarik nafas dalam-dalam bisa kamu lakukan sambil memejamkan mata, sehingga pikiran kembali tenang.
Tertawa
Tertawa merupakan proses yang bagus untuk melepas hormone dopamine dan endorphin pada otak, dimana kedua hormone tersebut memiliki peran membuat seseorang bahagia. Ada banyak cara untuk bisa membuatmu tertawa, seperti melihat video-video lucu, membaca cerita lucu, mengajak tertawa teman di kantor, dan masih banyak lagi cara lainnya.
Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang ampuh untuk merilekskan pikiran yang penuh dengan tugas-tugas kantor. Musik yang kamu pilih tentunya musik yang santai atau musik klasik. Jika kamu sedang suntuk di kantor, kamu bisa memilih musik dengan beat cepat yang menambah semangat. Kamu juga bisa beralih ke musik apa saja yang menjadi musik favoritmu. Jangan lupa gunakan headset atau earphone agar tidak mengganggu rekan kerja yang lainnya.
Berbagi Cerita dengan Orang Terdekat
Berbagi cerita dengan orang terdekat atau orang terpercaya bisa kamu lakukan setelah seharian bekerja. Dengan orang terdekat, kamu bisa melampiaskan secara bebas hal yang bisa mengganjal pikiran. Walaupun setelah berbagi cerita masalah tidak selesai, paling tidak beban yang kamu miliki tidak kamu pikul sendirian, pikiran kamu juga akan jauh lebih tenang dari sebelumnya. Tips ini bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan stres di tempat kerja.