Anaknya yang bernama Divalah Ranggajo harus mengidap Seckel Syndrome yang dikenal sebagai sebuah kelainan langka yang ditandai dengan keterlambatan pertumbuhan sebelum kelahiran (retardasi pertumbuhan intrauterin) yang mengakibatkan berat badan lahir rendah.

Baru-baru ini, putrinya mengalami Cyber Bullying melalui akun instagramnya @liaoctora. Kalimat-kalimat Bullying tersebut dikirim seseorang dengan akun @watiya33 melalui Direct Message (DM). Akun tersebut mengatakan bahwa wajah Diva terlihat mengerikan dan aneh. Bahkan dia menyarankan pada Lia untuk membuang anaknya dari pada membuat aib keluarga.

Kisah Ibu yang Putrinya Alami Cyber Bullying Karena Idap Seckel Syndrome
source: https://www.instagram.com/liaoctora/
"Maaf bu may tanya, Wajah anak ibu kok ngeri gini trus ini kan udah gadis apa seumur hdpakan pake pampers bu. Trus gaya x kejang kejang gt dan wajah x ngeri. Gigi x juga rusak. Kaki x bentuk X juga aneh. Wajah x ngeri bu. Kalau sy mending dibuang sj bu dr pd bikin aib di keluarga. Sebab hak berguna juga bu. Yg seharusnya gadis sudah jd remaja malah jd kerdil kejang kejang. Ini melebihi orang gila gigi bibirnya pokok x semua x ngeri. Turur prihatin ya bu am ank x yg samoai skg mengerikan. Wajar bapak x tidak mau, kalau sy jd ortu x, sy buang bu dr pd jd aib kluarga. Maaf cm saran sj." tulis akun @watiya33
source: https://www.instagram.com/liaoctora/

Mendapati anaknya dibully, tentu Lia tidak terima. Kemudian Lia melaporkan tindakan tidak menyenangkan yang dia terima melalui postingannya. Dengan bukti hasil screenshoot isi pesan @watiya33 tadi. Dalam postingannya, dia mengatakan bahwa apa yang dilakukan @watiya33 itu sangatlah tidak pantas.

Kisah Ibu yang Putrinya Alami Cyber Bullying Karena Idap Seckel Syndrome
source: https://www.instagram.com/liaoctora/
"Walaupun dengan kondisi anak saya yang memiliki keterbatasan... Tapi tidak sepantasnya anda @watiya33 mengatakan hal seperti itu. Mohon pihak yang berwenang menindaklanjuti hal ini.... Agar tidak ada lagi kejadian seperti ini di INDONESIA..." tulis Lia dalam postingannya.
source: https://www.instagram.com/liaoctora/

Sungguh kejam ya, Moms, orang-orang yang melakukan cyber bullying seperti yang dialami Lia Octora. Tanpa mempedulikan perasaan, kalimat-kalimat bully itu begitu saja ditulis dan dikirimkan melalui pesan.

Semoga pelaku Cyber Bullying terhadap Lia Octora cepat tertangkap agar dia bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya.

baca juga

Mengenal Seckel Syndrome

Tentu belum banyak tahu mengenai apa itu Seckel Syndrome. Maka dari itu, mari Moms kenali lebih jauh apa itu Seckel Syndrome yang diderita Divalah, putri dari Lia Octora.

Apa Itu Seckel Syndrome?
Dilansir Yestherapyhelps, Seckel Syndrome adalah satu set perubahan fisik dan mental yang muncul sebelum kelahiran dan mereka memiliki penyebab genetik di pangkalan mereka. Ini adalah penyakit langka yang ditandai dengan perlambatan perkembangan janin, sehingga tingkat perkembangannya "tertunda" dalam banyak aspek.

Gejala Seckel Syndrome?
Tanda-tanda utama dan gejala yang terkait dengan sindrom Seckel adalah sebagai berikut.

  • Microcephaly, Ini adalah salah satu tanda paling khas sindrom Seckel, dan terdiri dari perkembangan kubah tengkorak yang tidak mencukupi , yang membuat kepala kecil dan, oleh karena itu, otak memiliki lebih sedikit ruang untuk tumbuh. Ini penting, mengingat bahwa bagian dari sistem saraf ini harus berkembang pesat selama fase kehidupan ini.
  • Keterbelakangan mental, ini adalah salah satu konsekuensi dari ukuran tengkorak yang berkurang dalam kaitannya dengan bagian tubuh lainnya. Malformasi di otak hasil dari keterbatasan ruang ini sering menyebabkan perkembangan kognitif yang lebih terbatas dari biasanya, meskipun ini tidak dihargai pada saat kelahiran.
Mengenal Seckel Syndrome
source: https://www.instagram.com/liaoctora/
  • Perawakan kecil atau dwarfisme, Secara umum, orang dengan sindrom Seckel lebih kecil dari yang diharapkan untuk kelompok usia mereka. Ini juga mempengaruhi proporsinya, karena ekstremitasnya kecil s sebanding dengan sisa tubuh. Di sisi lain, sebagai konsekuensi dari perkembangan maturational yang lambat, konfigurasi tulang juga kurang berkembang, yang dapat menyebabkan munculnya beberapa gangguan skeletal.
  • Profil burung, Ini adalah nama dimana tampilan wajah yang umum pada anak-anak dengan sindrom Seckel disebut. Ini ada hubungannya dengan ukuran kepala yang berkurang, mata yang relatif besar, dan jembatan hidung yang sangat menonjol yang memberikan sensasi "puncak" .

Penyebab Seckel Syndrome?
Saat ini, penyebab sindrom Seckel masih kurang dipahami. Namun, diketahui bahwa itu adalah perubahan berdasarkan pemicu genetik dari tipe resesif autosomal, yang menyiratkan bahwa versi cacat dari gen tertentu harus hadir di kedua ayah dan ibu sehingga keturunannya mengungkapkan gejala.

Di sisi lain, tidak ada gen tunggal yang menghasilkan gejala sindrom Seckel, tetapi tiga perubahan genetik yang terkait dengan penyakit ini diketahui saat ini. Pada gilirannya, asal-usul yang berbeda ini memberi jalan untuk berbagai jenis sindrom Seckel, terkait dengan kromosom 3, 14 dan 18.

Mengenal Seckel Syndrome
source: https://www.instagram.com/liaoctora/

Pengobatan Seckel Syndrome?
Sindrom Seckel tidak memiliki obat yang diketahui, karena berasal dari genetik dan efeknya mulai diperhatikan dari pembentukan janin. Namun, ada beberapa strategi yang dapat membantu meringankan konsekuensi negatif yang dihasilkan oleh gejala.

Dalam pengertian ini, pendekatan interdisipliner dan pelatihan keterampilan yang ditujukan untuk mencegah masalah yang berasal dari komplikasi spesifik seperti misalnya masalah untuk masicar atau untuk bernapas, serta terapi yang diarahkan untuk mempelajari norma-norma perilaku dan hubungan dengan yang lain. Inisiatif semacam ini harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan intelektual setiap pasien.

Itulah Moms, sekilas tentang Seckel Syndrome. Semangat terus ya untuk Diva dan Ibunda. Semoga selalu diberi kemudahan dalam setiap ikhtiarnya.