Kebiasaan mengkretek badan yang pegal merupakan hal umum dilakukan kebanyakan orang Indonesia. Seorang ahli saraf dr. Indah Aprianti Putri SpS, MSc, dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) mengungkapkan pada Detik bahwa mengkretek leher adalah kebiasaan yang tidak baik karena dapat berdampak langsung pada pembuluh darah di leher. Jika sering dilakukan, saraf di area batang otak dapat mengalami gangguan dan berefek pada area saraf lain di kepala.

Jangan 'Dikretek'! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Pegal Leher
source: https://www.matakepri.com/

Jika ingin mengatasi masalah ini, rasa pegal dapat dihilangkan dengan cara berenang, berjalan di air ketika sedang berenang, serta melakukan senam untuk mendapatkan peregangan leher. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah leher pegal. Untuk itu, simak ulasan mengenai cara menghilangkan pegal pada leher berikut:


1. Lakukan Pijatan

Daripada mengkretek leher, cobalah untuk meminta orang lain memijat lehermu saat terasa pegal. Akan lebih baik jika pemijatan dilakukan oleh orang yang berpengalaman untuk mendapatkan pijatan langsung pada bagian otot trapezius. Itu berarti pijatan dilakukan dari otot bawah tengkorak kepala hingga ke area punggung dan bahu. Lakukan pijatan dengan lembut untuk membuat otot-otot di leher menjadi lebih rileks.

Jangan 'Dikretek'! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Pegal Leher
source: https://www.ptacenter.com/


2. Gerakkan Kepala Perlahan

Selain melakukan pijatan, memberikan gerakan pada kepala juga dapat membantu mengatasi pegal leher. Caranya cukup mudah, cukup dengan memutar kepala searah jarum sebanyak 7-8 kali. Sama seperti saat melakukan pemanasan untuk olahraga. Kemudian, ulangi ke arah yang berlawanan dengan repetisi yang sama. Jika sudah, lanjutkan dengan memutar leher ke atas sambil menarik napas. Kemudian putar kepala ke arah bawah sambil menghembuskan nafas. Ini juga dapat membantu merilekskan otot leher.

baca juga


3. Memutar dan Menggerakkan Bahu

Kemudian, Mommy juga bisa melatih otot dengan menggerakkan bahu ke arah belakang dan ke arah depan. Ulangi repetisi memutar bahu ini sambil mengepalkan jari-jari tangan. Pastikan wajah tetap memandang lurus ke depan dan tidak membungkuk. Ulang beberapa kali.

Jangan 'Dikretek'! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Pegal Leher
source: https://keepfitkingdom.com/


4. Stretching atau Peregangan

Pada dasarnya gerakan memutar kepala, leher, dan bahu adalah bagian dari peregangan otot. Namun, Mommy juga perlu melakukan beberapa peregangan lain seperti beberapa gerakan yoga atau senam lainnya.  Cara yang paling sederhana untuk dilakukan adalah mengangkat tangan hingga otot-otot bahu aktif. Tahan posisi ini untuk beberapa detik, kemudian rilekskan tubuh. Lalu ulangi gerakan ini hingga beberapa kali repetisi.


5. Kompres Leher dengan Air Hangat

Untuk bisa menenangkan leher, Mommy juga dapat merilekskan ototnya dengan cara mengompres dengan air hangat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merendam handuk dengan air hangat, lalu letakkan pada bagian leher. Mengompres bagian leher yang pegal menggunakan handuk hangat dapat melancarkan aliran darah dan menenangkan otot-otot. 

Jangan 'Dikretek'! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Pegal Leher
source: https://www.quora.com/

Itulah beberapa tips yang bisa Mommy coba untuk mengatasi otot leher yang kaku dan pegal. Selain cara di atas, Mommy juga dapat mengatasinya dengan cara mengonsumsi makanan dengan kandungan flavonol. Kandungan ini bersifat anti radang, memperlancar aliran darah, serta dapat meredakan nyeri dan pegal pada otot. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah jahe, delima, blueberry, biji labu, dan buah ceri.