Memberikan ASI pada bayi merupakan sebuah hal penting yang harus dilakukan oleh para ibu. Bersyukurlah bagi kamu yang dapat memproduksi ASI dalam jumlah berlimpah. Namun, untuk para ibu yang kesulitan dalam memberikan ASI, ada banyak sekali cara untuk tetap memberikan asupan gizi dan nutrisi penting pada bayi berupa ASI eksklusif di 6 bulan pertama usianya. 
 

Wah, Ini Dia Fakta Tentang Manfaat Air Susu Ibu Yang Jarang Disadari Oleh Para Ibu!
source: http://healthynaturalbaby.org/wp-content/uploads/2013/07/newbornmotherasian2.jpg


Hal ini tentu sering membuat orang-orang merasa bingung, seberapa penting kah ASI untuk seorang bayi? Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ini adalah fakta tentang keajaiban ASI yang membuatnya begitu esensial untuk para bayi. Yuk, simak!
 

Fakta Air Susu Ibu


1. Proses Terbentuknya Air Susu Ibu

ASI sebenarnya sudah mulai diproduksi sejak awal masa kehamilan. Beragam hormon seperti hormon progesteron dan hormon laktogen akan mengaktifkan kelenjar susu sesaat setelah proses persalinan berlangsung.

2. Pentingnya ASI 

Air susu ibu memiliki manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan bayi di awal kehidupannya. Di mulai dari minggu pertama kehidupannya, ASI memiliki meran untuk melindungi bayi dari infeksi usus serta membantu menyempurnakan pencernaan bayi. Selain itu, ASI juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga bayi dari timbulnya alergi. 

3. Kandungan ASI

Kalau membicarakan soal kandungan ASI, kamu pasti akan terkagum-kagum. Air susu yang dihasilkan oleh seorang ibu memiliki banyak sekali zat dan nutrisi penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi. Mulai dari zat mineral, berbagai vitamin, lemak dan asam amino. Selain itu, ASI juga mengandung nukleotida, yaitu sebuah elemen dasar yang berfungsi untuk membentuk DNA. Di dalam ASI juga terdapat karbohidrat sebagai sumber energi bayi. Ditambah dengan protein yang berperan dalam proses penyempurnaan organ pencernaan seperti dinding dalam usus. ASI juga mengandung zat antimikroba yang dapat memaksimalkan sistem kekebalan tubuh dalam mendeteksi keberadaan zat asing serta meminimalisir dampaknya. 

 

Fakta Air Susu Ibu
source: https://www.huffingtonpost.com/


 

baca juga

Manfaat Menyusui


Nah, setelah mengetahui fakta-fakta tentang keutamaan air susu ibu, apakah kamu masih ragu untuk memberikan ASI eksklusif pada bayimu?
 

youtube:XgY-URtYYDc
source: https://www.youtube.com/watch?v=XgY-URtYYDc
Benefits of Breastfeeding | Protein in Breast Milk | SMA Nutrition