Perlu diketahui, cara untuk mempercantik diri sebenarnya sangat mudah. Pasalnya kunci wajah yang cerah dan segar berawal dari pola hidup yang sehat dan teratur. Dilansir dari Haibunda, para istri Rasul sangat terkenal dengan kebiasaannya mengonsumsi buah dan sayuran. Mereka juga tidak makan berlebihan sehingga tidak ada masalah untuk urusan berat badan. Selain itu, mereka juga menjalani perawatan tubuh dengan bahan alami. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Moms coba untuk bisa mempercantik dan merawat diri tanpa biaya yang besar:

7 Rahasia Cantik dengan Bahan Alami ala Istri Rasulullah
source: https://www.healthline.com/

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang terkenal dengan khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk perawatan kecantikan alami. Dalam minyak zaitun, terdapat kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Perannya adalah untuk mengatasi paparan radikal bebas yang dapat merusak sel. Selain itu, dilansir dari Haibunda, minyak zaitun juga mengandung vitamin A, D, E, dan K yang dapat larut dalam lemak. Tentu Mommy juga tahu jika vitamin E juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

2. Bersiwak

Kebersihan diri adalah bagian utama dari kecantikan alami dari seorang muslimah. Itu sebabnya, para wanita muslimah sangat disarankan untuk selalu menjaga dan merawat kesehatan mulutnya. Jika bersiwak agak sulit untuk dilakukan saat ini, kita bisa menyesuaikannya dengan selalu membersihkan gigi dengan menyikat gigi sebelum tidur dan setelah makan.

7 Rahasia Cantik dengan Bahan Alami ala Istri Rasulullah
source: https://www.parenting.com/

3. Henna

Mommy tentu tahu kecantikan henna yang banyak digunakan oleh wanita timur tengah. Pada dasarnya henna terbuat dari dauj inai yang digiling hingga menjadi bubuk halus. Setelah itu, bubuk ini akan dicampur dengan air atau minyak untuk dijadikan pasta. Biasanya para istri Rasul menggunakannya untuk mewarnai rambut serta menghias tangan dan kakinya.

baca juga

4. Bercelak

Salah satu oleh-oleh haji dan umroh yang cukup terkenal adalah kohl  atau bubuk gelap halus. Kohl ini lebih banyak dikenal dengan sebutan celak. Penggunaannya adalah dengan diaplikasikan pada bagian dalam kelopak mata. Penggunaan celak atau kohl ini tidak hanya menambah kecantikan, tetapi juga bagian dari sunnah. Selain itu dalam sebuah Hadist Riwayat Tirmidzi Rasulullah juga mengatakan bahwa penggunaan celak dapat membersihkan mata dan membuat bulu mata tumbuh lebat.

7 Rahasia Cantik dengan Bahan Alami ala Istri Rasulullah
source: https://www.majelisazzikra.com/

5. Penggunaan Parfum

Penggunaan wewangian atau parfum ternyata juga sebagai sunnah yang disarankan untuk dilakukan para muslim dan muslimah. Namun, pastikan bahan parfum yang dipilih harus terbuat dari bahan yang halal dengan aroma yang tidak menyengat.

6. Madu

Madu juga menjadi bagian dari bahan perawatan alami yang kerap digunakan para istri Rasul. Bahan alami ini dikatakan mampu menyamarkan bekas jerawat, lho. Selain itu, Mommy juga bisa memanfaatkan madu sebagai obat untuk mengatasi kulit yang merah dan meradang. Mommy juga dapat meenggunakan madu sebagai bahan masker yang dikombinasikan dengan jus lemon atau yogurt untuk khasiatnya mencerahkan kulit.

7 Rahasia Cantik dengan Bahan Alami ala Istri Rasulullah
source: http://getayurveda.com/

7. Susu

Terakhir, susu juga kerap disebut sebagai salah satu bahan alami yang direkomendasikan untuk perawatan rambut agar tetap indah dan sehat. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan madu dengan susu. Kemudian, aplikasikan campuran madu dan susu ini sebagai masker  rambut. Dijamin rambutmu akan halus dan tampak sehat.