Tidur menjadi aktivitas yang diperlukan untuk mengatur dan menyeimbangkan system organ vital yang nantinya akan mempengaruhi system imun, pernapasan, dan pertumbuhan. Tidur juga memiliki durasi yang harus dipatuhi agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Selain durasi tidur, posisi tidur juga perlu diperhatikan, moms. Posisi tidur seperti terlentang, tengkurap, miring ke kanan dan miring ke kiri. Ternyata tidur miring ke kiri memiliki manfaat yang jauh lebih baik untuk kesehatan dibandingkan posisi tidur lainnya. Simak yuk efek dari tidur miring ke kiri yang perlu moms tahu.

Mencegah Gangguan Pencernaan

Selain mengatasi masalah pernapasan, masalah pencernaan juga bisa teratasi. Tanpa disadari, tidur miring ke kiri bisa mengurangi beban pada bagian liver. Aliran empedu akan terangsang, sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi. Posisi tidur seperti ini memudahkan makanan diperut berpindah dari usus besar ke kolon desendens yang mana pencernaan akan lebih lancar. Hal tersebut juga dikarenakan posisi tidur miring ke kiri selaras dengan gravitasi, sekaligus akan menjaga produksi enzim pankreas.
Mencegah Gangguan Pencernaan
baca juga

Mencegah Penyakit Maag

Penyakit maag tentu membuat moms tidak nyaman. Maag biasanya mulai kambuh karena baru saja mengonsumsi makanan pedas atau asam dan pola makan yang tidak teratur. Tidur menghadap kiri menurunkan risiko terkena maag atau penyakit lambung lainnya. Hal tersebut dipercaya karena posisi tidur menghadap ke kiri akan membuat asam lambung masuk ke dalam lubang perut. Berdasarkan sumber studi yang diterbitkan The Journal of Clinical Gastroenterology, sambungan antara perut dan kerongkongan yang menyebabkan mual dan insomnia akan tertutup jika tidur menghadap kiri. Cobalah untuk berbaring menghadap kiri jika mengalami maag atau asam lambung.

Mencegah Penyakit Maag

Meningkatkan Kinerja Otak

Tidur miring ke kiri memberikan manfaat ekstra juga yakni meningkatkan fungsi otak agar lebih sehat dan bekerja maksimal. Posisi berbaring tersebut dapat memudahkan otak menyaring limbah, sekaligus mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada otak seperti Alzheimer, atau gangguan otak lainnya seperti daya ingat yang menurun.

Meningkatkan Kinerja Otak
baca juga

Menjaga Sistem Limfatik

Sisi kiri tubuh menjadi sisi yang dominan mengalirkan getah bening (limfatik) ke seluruh tubuh, sehingga dengan tidur miring ke kiri, tubuh akan mudah menyaring kotoran dan cairan getah bening. Selain itu, tubuh akan memproses material sisa otak, dimana racun pada kelenjar getah bening akan terbuang, sekaligus mencegah terjadinya infeksi pada sel darah putih. Sementara cairan getah bening sendiri berfungsi membawa sel darah putih melawan infeksi.

Menjaga Sistem Limfatik

Mengatasi Tidur Mendengkur

Salah satu faktor tidur mendengkur karena adanya gangguan pada saluran pernapasan. Selain mengganggu orang lain karena suara dengkuran, mendengkur juga membuat tidur tidak nyaman. Jika kamu adalah tipe orang yang mendengkur saat tidur, cobalah tidur menghadap kiri. Tidur menghadap ke kiri akan melancarkan pernapasan yang tersumbat, karena tenggorokan dan otot lidah akan berada pada posisi netral. Jika napas tidak tersumbat, dengkuran tidak akan terjadi alias bisa teratasi.

Mengatasi Tidur Mendengkur

Menyehatkan Jantung

Manfaat tidur miring kiri juga berefek pada kesehatan jantung ibu hamil. Hal tersebut akan melancarkan getah bening dari jantung ke aorta. Darah juga akan banyak mengalir ke jantung karena posisi tidur menghadap kiri akan menekan vena cava di bagian kanan tubuh, sehingga jantung akan berfungsi dengan baik.

Menyehatkan Jantung