Nasi memiliki karbohidrat yang sama seperti roti, mie, atau pasta. Banyak yang mengira bahwa nasi merupakan faktor utama penyebab kegemukan. Padahal hal ini disebabkan oleh jumlah kalori yang masuk dan yang keluar tidak seimbang dalam tubuh. Sehingga menjadi kesalapahaman yang muncul di masyarakat bahwa ‘makan nasi putih bikin gemuk’ dan meningkatkan kadar gula darah.

Seperti dilansir dari HealthDetik, nasi putih merupakan sumber karbohidrat, sedikit protein namun tidak mengandung lemak sama sekali. Jika dibandingkan dengan nasi merah, kadar serat di dalam nasi putih 6 kali lebih sedikit. Di kalangan masyarakat, nasi putih masih dianggap makanan yang harus dihindari untuk melancarkan proses diet karena menjadi penyebab gemuk utama karena pola diet yang banyak mengonsumsi biji-bijian seperti nasi putih bisa menyebabkan kegemukan dan obesitas.
Namun apakah hal tersebut benar? Itu semua tergantung dari jenis nasi putih yang dimakan dan bagaimana Moms mengonsumsinya.

Fakta Nasi Putih yang Dicap Bikin Gemuk, Ternyata...

Jika Moms salah satu pemakan nasi putih, dalam satu kali porsi makan dianjurkan untuk membatasi konsumsi nasi putih hanya ¼ piring atau setara dengan satu genggaman tangan. Moms juga harus menyeimbangkan lauk yang dikonsumsi agar semua nutrisi baik dapat masuk ke tubuh. Nasi yang mengandung sumber karbohidrat, baiknya diimbangi dengan makanan sehat yang mengandung protein, lemak yang sehat, dan serat dalam jumlah yang seimbang.

Selama Moms tidak mengonsumsi secara berlebihan, nasi putih tidak akan membuat gemuk. Moms juga disarankan untuk menambahkan serat pada menu makanan Moms seperti sayur-sayuran, dan buah. Selain menyehatkan, makanan tersebut akan menunda lapar dan menjadikan Moms dapat tetap mengontrol pola makan agar tidak berlebihan.

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar bisa meningkatkan asupan, apapun makanannya. Moms tak perlu takut untuk makan nasi putih asal dapat mengatur porsi yang tidak berlebihan. Jadi nasi putih bukanlah penyebab gemuk, semua kembali lagi pada banyaknya nasi yang Moms makan setiap harinya.