Amankah Bila Belut Dikonsumsi Ibu Hamil?
Menurut American Pregnancy Association, salah satu makanan yang ibu hamil sebaiknya hindari adalah beberapa jenis ikan yang mengandung tinggi merkuri. Namun, hal ini tidak berlaku bagi belut sebab merkuri pada belut rendah, sehingga aman dikonsumsi ibu hamil. Hanya saja, para ahli menyarankan untuk membatasi porsinya yakni hanya 6 ons per minggu moms.

Tips Membersihkan dan Mengolah Belut, Apa Saja Manfaatnya Untuk Ibu Hamil?

Manfaat Belut Untuk Anak dan Ibu Hamil
Kandungan nutrisi belut sangat beragam antara lain protein, lemak, vitamin A, vitamin B, lisin, triptofan, fosfor, zat besi dan kalium, maka dari itu belut sangat baik untuk ibu hamil. Lalu apa manfaat belut bagi ibu hamil? Manfaat belut antara lain, meningkatkan stamina, sumber protein yang sangat baik, mencegah kanker payudara.

Selain itu, belut juga bermanfaat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dan menguatkan tulang janin. Hal ini tak lepas dari protein yang dihasilkan belut. Kandungan protein dalam belut mencapai 18,4 g per 100 gram daging. Dengan protein sebesar itu dapat membantu janin untuk membangun sel-sel dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Tips Membersihkan dan Mengolah Belut, Apa Saja Manfaatnya Untuk Ibu Hamil?

Tips Membersihkan dan Mengolah Belut
Untuk tips pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi belut, jika belut masih hidup maka penting untuk pukul kepala belut agar benar-benar mati lalu bersihkan lendir belut dengan mencucinya hingga bersih dengan menggunakan garam dan jeruk nipis. Caranya dengan masukkan belut-belut ke dalam baskom, taburi garam kasar tambahkan perasan jeruk nipis dan air bersih. Aduk-aduk sebentar dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas di bawah air mengalir.

Setelah lendir bersih buang isi perut belut dengan cara belah tubuh belut secara memanjang dari bawah kepala hingga tengah tubuhnya lalu bersihkan jeroannya di bawah air mengalir.
Sebelum memasak penting bumbui belut atau dimarinasi dengan bumbu halus yaitu 3 siung bawang putih, 1 ruas jahe, 1 ruas jari kunyit, 1 sdt ketumbar bubuk, 3 – 4 kemiri, garam, penyedap rasa dan jeruk nipis secukupnya. Diamkan selama 15 menit sebelum dimasak.

Bila moms ingin belut lebih gurih, maka goreng belut sebelum diolah. Tidak digoreng sampai matang, melainkan hanya setengah matang saja, dengan digoreng setengah matang bumbu dapat meresap lebih baik ke dalam belut.

Begitulah tadi beberapa manfaat belut ya moms dan sedikit tips dalam mengolahnya. Semoga dengan informasi ini moms mendapat manfaat dan semakin rajin jadikan belut olahan favorit keluarga.