Dilansir dari HealthDetik, terdapat beberapa manfaat bagi moms yang mengonsumsi petai, yaitu:

1. Mengurangi Kolesterol
Kolesterol adalah lemak yang berguna untuk tubuh. Namun akan menjadi ancaman jika kolesterol dalam jumlah berlebih, karena dapat menumpuk di pembuluh darah dan menghambat aliran darah. Petai sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena petai memberikan efek antioksidan, memiliki kandungan niasin, mengurangi pengerasan arteri, serta mengandung vitamin B3, yang semua itu sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.
 
2. Mengatasi Depresi
Aroma Petai memang sangat menyengat, tapi petai mampu mengurangi tingkat depresi moms. Karena petai mengandung zat tryptophan yang berperan dalam pembentukan serotonin, yaitu zat neurotransmitter yang membuat tubuh lebih relaks dan merasa mengantuk. Namun perlu dicatat ya moms, depresi yang dimaksud disini adalah drepesi ringan atau depresi yang terjadi secara periodik setiap tahun.
Manfaat Petai Untuk Tubuh, Bantu Atasi Kecanduan Rokok Hingga Kolesterol
3. Mengatasi PMS
Rata-rata setiap wanita yang memasuki periode datang bulan, mood dan emosi mereka cenderung labil ya moms. Hal itu dikarenakan mereka sedang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome). Saat kondisi ini, wanita dianjurkan mengonsumsi petai, karena zat tryptophan dan B1 di dalamnya dapat mengatur kadar gula dalam tubuh, sehingga mood dan emosi menjadi lebih stabil.
 
4. Mengobati Diabetes
Dalam petai terdapat vitamin B1 dan asam amino yang dapat membantu pelepasan insulin yng berperan dalam pengendalian kadar gula darah. Sehingga dengan mengonsumsi petai, penderita diabetes bisa terhindar dari berbagai komplikasi peningkatan dan penumpukan gula darah. Tapi tidak hanya biji petai saja moms  yang bisa dikonsumsi, kulit petai ternyata juga bermanfaat membantu menurunkan kadar gula darah.
 
5. Membuat Awet Muda
Ragam kandungan dalam petai ternyata juga sangat baik untuk membantu proses regenarasi kulit moms. Bahkan di Jepang telah ada kosmetik yang berbahan dasar petai.
 
6. Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk
Gigitan nyamuk biasanya meninggalkan rasa gatal pada kulit yang cukup mengganggu. Jika moms memiliki petai di rumah, coba manfaatkan kulitnya untuk mengurangi rasa gatal tersebut, dengan cara menggosok-gosokkan kulit bagian dalam petai pada permukaan kulit yang terasa gatal.
Manfaat Petai Untuk Tubuh, Bantu Atasi Kecanduan Rokok Hingga Kolesterol
7. Mencegah Obesitas
Manfaat lain dari buah petai adalah mencegah obesitas. Sebab, petai memiliki serat yang mampu mengikat lemak, moms. Jadi saat mengonsumsi makanan yang cukup banyak atau mengandung lemah, jangan lupa untuk konsumsi petai juga.
 
8. Atasi Sembelit
Serat yang tinggi dalam petai tidak hanya berperan mengikat lemak moms, serat tersebut dapat membantu mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.
 
9. Meredakan Sariawan
Meskipun rasa dan aroma petai sangat menyengat hingga terbawa sampai buang air, vitamin c dalam petai cukup tinggi loh moms. Sehingga petai sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, membantu meredakan sariawan, gusi berdarah, dan infeksi.
 
10. Membantu Berhenti Merokok
Bagi yang berniat untuk berhenti dari kebiasaan merokok, rajin konsumsi petai cukup membantu loh. Berkat kandungan vitamin B6 dan B12, kalium, potasium, dan zat besi di dalam petai, bisa membantu tubuh mengatasi kecanduan zat nikotin pada rokok.

Itulah berbagai manfaat petai yang belum banyak diketahui tahu disamping aroma dan rasa yang sering dihindari banyak orang.