Tempat makan berupa melamin atau plastik sering kali sulit dibersihkan. Bukan hanya dari makanan berminyak, tapi juga noda bumbu seperti kunyit. Hal ini membuat tempat makan terlihat kotor meski telah dicuci. Noda di tempat makan bikin males menggunakan tempat makan tersebut lagi ya, moms. Rasanya juga malu jika digunakan untuk menyajikan makanan untuk tamu.

Tenang moms tak perlu di simpan atau bahkan dibuang. Noda membandel pada tempat makan bisa hilang lho. Jika sabun pencuci piring moms tak bisa, berikut bahan-bahan yang ampuh bersihkan noda di piring dan tempat makan dari noda membandel.

Baking Soda

Bukan rahasia lagi, baking soda jadi solusi untuk bersihkan noda membandel. Tak hanya dipakaian moms, pada tempat makan Moms juga bisa. Caranya moms cukup membuat pasta baking soda. Lalu oleskan ke bagian noda. Diamkan beberapa jam, selanjutnya gosok menggunakan spon. Jika sudah bisa dibilas dan diamkan wadah hingga kering. Coba bandingkan dengan sebelumnya, pasti wadah makan moms terlihat lebih bersih.

Baking Soda
baca juga

Gunakan Cuka

Sama seperti baking soda, Moms bisa memanfaatkan cuka untuk membersihkan tempat makan yang penuh noda bumbu. Cara menggunakannya cukup campur cuka dengan air. Takarannya 1:1, lalu tuangkan larutan pada wadah yang bernoda. Rendam wadah beberapa jam, bilas dan keringkan. Oia moms jangan khawatir dengan bau cuka, karena itu akan menghilang setelah tempat makan moms kering.

Gunakan Cuka

Buah Lemon

Bukan hanya ampuh hilangkan minyak pada tempag makan moms. Lemon juga bisa hilangkan noda. Tak salah jika buah yang satu ini kerap dijadikan bahan dasar pencuci piring. Akan tetapi jika sabun pencuci piring moms menyerah membersihkan noda pada wada makan, moms bisa beralih ke buah lemon. Peras lemon, lalu tuang air lemon pada wadah. Diamkan di bawah sinar matahari selama 1-2 hari. Paduan antara air lemon dan sinar matahari bantu hilangkan noda. Meski memakan waktu lama, cara ini dipercaya ampuh moms. Coba buktikan di rumah ya.

Buah Lemon
baca juga

Pemutih Pakaian

Tak hanya buat baju moms kembali putih. Pemutih nyatanya juga bisa hilangkan noda pada wadah makan moms. Seperti kita ketahui pemutih kerap jadi solusi untuk hilangkan noda tinta, jus, soda, kopi, teh, saus tomat, dan pewarna makanan dipakaian. Begitupun pada wadah makan, pemutih berfungsi sama.

Caranya juga tak jauh berbeda menghilangkan noda pada baju. Moms bisa menambahkan 1 sendok makan pemutih di satu cangkir air. Rendam wadah dengan air tersebut selama beberapa jam. Lalu bilas hingga bersih dan bau pemutih tak lagi tertinggal di wadah makan. Jika masih ada baunya, Moms bisa menggosoknya dengan spon yang telah diberi sabun pencuci piring baru dibilas dengan air bersih.

Pemutih Pakaian

Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)

Pembersih tangan pada wastafel, nyatanya tak hanya berfungsi membersihkan tangan. Moms juga bisa memanfaatkannya untuk membersihkan noda pada tempat makan. Hal ini karena kandungan alkohol di dalamnya dapat hilangkan noda. Caranya seperti moms mencuci piring, cukup tambahkan hand sanitizer pada spon dan gosok wadah makan. Lalu bilas hingga bersih dan keringkan. Demikian dilansir dari laman HaiBunda.
 

Pembersih Tangan (Hand Sanitizer)