Bolu gulung unik dari 5 negara

Dilansir dari DetikFood, berikut ini ragam kuliner bolu gulung unik dari 5 negara:

1. Bolu gulung Indonesia

Siapa tak suka kuliner yang satu ini? Rasanya yang manis dan lembut serta cukup mengenyangkan ini memang termasuk jajanan atau kue yang populer di Indonesia. Bolu gulung yang paling terkenal sendiri berasal dari Medan. Beberapa irang yang berkunjung ke Medan, kerap kali membawa bolu gulung khas Medan sebagai oleh-oleh untuk kerabat.

Yummy! Ini 5 Ragam Bolu Gulung yang Unik dari Berbagai Negara

Ciri khas dari bolu gulung Indonesia, selain teksturnya yang lembut adalah memiliki isian selai buah yang segar. Selai buah tersebut diantaranya varian stroberi, blueberry, dan nanas. Selain itu sering kita temukan juga selai coklat di dalamnya.

Tak hanya isian selai atau butter cream saja, tapi bolu gulung Indonesia juga memiliki toping di atasnya, seperti keju atau cokelat. Rasanya yang unik dan enak membuatnya ingin terus menyantapnya.

2. Roll cake Jepang

Negeri Sakura juga ternyata memiliki bolu gulung khas yang rasanya tak perlu diragukan lagi. Japanese roll cake (Roll cake Jepang). Teksturnya yang lembut berpadu dengan rasa manis dari roll cake ini menambah sensasi kenikmatan bagi yang menyantapnya. 

Perbedaan roll cake Jepang dan bolu gulung Indonesia ini terletak pada penggunaan tepung, filling dan cara penyajiannya. Jika di Indonesia, bolu gulung menggunakan isian dengan bahan selai buah segar. Namun jika di Jepang diberikan isian whipped cream lembut dengan beragam rasa. Mulai dari rasa vanilla, cokelat, buah-buahan hingga green tea (matcha) yang merupakan minuman khas Jepang tersebut.

Yummy! Ini 5 Ragam Bolu Gulung yang Unik dari Berbagai Negara
source: https://cookingwithdog.com/recipe/matcha-roll-cake/

Penyajian roll cake Jepang ini juga cukup unik nih, Moms. Karena biasanya roll cake Jepang akan disajikan bersama ice cream. Wah, langsung kebayang ya lezatnya bolu dan manisnya ice cream yang akan lumer di mulut kita saat menyantapnya. 

baca juga

3. Swiss roll (Chinesse style) 

Sponge cake yang memiliki rasa manis dan lembut dengan isian whipped cream dan akan berbentuk spiral jika dipotong ini bernama Swiss roll. Namun jangan salah Moms, Swiss roll ini bukan berasal dari negara Swiss, melainkan dari China.

Yummy! Ini 5 Ragam Bolu Gulung yang Unik dari Berbagai Negara
source: https://www.bettycrocker.com/recipes/chocolate-swiss-roll/eaaacebf-2d31-41ad-b547-d8f37f5afa44

Tak jauh berbeda dengan negara Jepang, bolu gulung di China juga memiliki ciri khas dengan isian whipped cream vanilla yang rasanya manis nikmat. Namun teksturnya terasa lebih moist dan lebih membutuhkan ketelatenan dalam membuatnya.

Bolu gulung di negara China ini juga memiliki varian rasa kopi yang begitu populer. Jadi adonan bolu gulung tersebut memiliki cita rasa kopi yang harum, namun tetap isian yang dipakai adalah whipped cream yang rasanya lembut dan manis.

4. Pionono Filipina

Negara Filipina ternyata juga memiliki bolu gulung khas Moms, bernama Pionono. Pionono Filipina sudah ada sejajah negara Filipina dijajah oleh Spanyol. Pionono Filipina sendiri tak berbeda jauh dari bolu gulung Asia lainnya, ia memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis.

Yummy! Ini 5 Ragam Bolu Gulung yang Unik dari Berbagai Negara
source: https://honestcooking.com/filipino-pianono-cake-roll/

Namun, bolu gulung ini memiliki isian yang lebih sederhana, yaitu hanya dengan gula dan margarin. Rasa yang sederhana ini tentunya tak menghilangkan kenikmatan dari bolu gulung. Apalagi saat cita rasa manis dan lembut bolu gulung berpadu dengan gurihnya margarin, tentunya bolu gulung ini sangat nikmat.

Tak hanya itu, isian unik lainnya dari bolu gulung Filipina ini adalah rasa ubi ungu, mangga, dan meringue. Cita rasa unik ini membuat bolu gulung asal Filipina lebih bervariasi dan memberikan ciri khas tersendiri. 

baca juga

5. Dojima roll Korea

Satu lagi kuliner bolu gulung unik berasal dari negara Korea, bernama dojima roll. Seperti kita ketahui, Korea memiliki aneka kuliner unik dengan cita rasa lezat, namun jika biasanya kuliner Korea memiliki rasa pedas, tidak halnya dengan dojima roll cake ini.

Berbeda dengan bolu gulung lainnya yang kebanyakan memiliki beberapa layer gulungan berbentuk spiral. Bolu gulung yang namanya dojima roll ini hanya memiliki satu gulungan berisikan krim vanilla yang sangat melimpah. Krim tersebut memenuhi satu gulungan dari dojima roll Korea ini.

Yummy! Ini 5 Ragam Bolu Gulung yang Unik dari Berbagai Negara
source: https://www.parkhotelgroup.com/en/yeongdeungpo/mon-chou-chou

Dojima roll ini bertekstur lembut dan di atasya diberikan taburan gula halus. Saat digigit kelembutan bolu dan lembutnya krim vanilla sangat terasa. Bagi Moms pecinta kuliner manis, pasti sangat menyukai dojima roll Korea ini.

Nah, bolu gulung mana yang jadi favorit Moms?