Dilansir HaiBunda, menurut psikolog anak Saskhya Aulia Prima, M.Psi, tanpa disadari istri suka mengkritik pola asuh suaminya. Dan buruknya, kritikan yang terucap dari istri membuat ayah enggan mengurus anak, karena merasa semua dikomentari.

Waspada Dad Shaming, Kritikan Istri yang Bikin Suami Malas Urus Anak
source: https://www.haibunda.com/
"Banyak ayah enggak mau mengurus anak karena dikritik istri, semuanya dikomentari," kata Saskhya dalam acara 'My Baby Momversity' di Ayana Midplaza, Tanahabang, Jakarta Pusat, baru-baru ini.
source: https://www.haibunda.com/

Sebenarnya istri bermaksud baik mengutarakan kritikan tersebut, namun tanpa disadari hal tersebut bisa membuat suami menjadi tidak percaya diri. Padahal suami memiliki ruang dan waktu yang harus dipahami.

Dan untuk mengatasinya, Moms harus turunkan ekspektasi dan jangan samakan suami Moms dengan suami lain yang sukses menjaga anak. Setelah itu, Moms bisa memberi Dads apresiasi.

Sekecil apapun hal yang dilakukan Dads untuk anak, cobalah untuk memberi pujian. Karena apresiasi bisa membuat Dads lebih bersemangat dan senang terlibat dalam pengasuhan anak. 

Waspada Dad Shaming, Kritikan Istri yang Bikin Suami Malas Urus Anak
source: https://www.haibunda.com/
"Perlu beri apresiasi dan sabar. Kita enggak harus selalu liat prestasi itu dari media sosial misalnya, 'ayahnya si ini sudah bisa begini'. Dia bisa gendong saja sudah prestasi," ujar Saskhya.
source: https://www.haibunda.com/

Moms dan Dads juga perlu menjaga komunikasi dengan melakukan review bersama per bulan atau per minggu. Review yang konsisten akan membuat pasangan mengenal model diskusi masing-masing. Jadi masing-masing pasangan tidak akan mudah baper dan pesan yang disampaikan antar pasangan juga akan tersampaikan dengan baik.

baca juga

Ingat ya, Moms. Hal terpenting adalah mengubah cara bicara Moms pada Dads. Ubahlah fokus bicara Moms dengan kalimat yang enak didengar. 

"Biasanya kita fokus pada suami yang salah dan selalu bilang, 'kamu tuh enggak pernah bantu'. Sekarang ganti dengan, 'saya tahu kamu lagi banyak kerjaan, lagi capek. Tapi bisa tolong bantu aku enggak'," tutur Saskhya.

Waspada Dad Shaming, Kritikan Istri yang Bikin Suami Malas Urus Anak
source: https://wolipop.detik.com/

Bukan hanya kalimat dan cara bicara ya, Moms. Tapi mimik wajah dan nada bicara kita juga harus diubah. Kadang secara teori Moms mengerti kalimatnya, namun secara ekspresinya bisa beda dan disalah artikan.

Nah, jadi sekarang tidak akan terjadi kesalahpahaman lagi deh antara Moms dan Dads.