1. Optimalkan Ruang pada Dinding

Pahami bahwa tidak semua barang dan perlengkapan dapur harus disimpan dalam laci atau lemari. Moms dapat merapikan atau menyusun semua perlengkapan dan peralatan dapur di dinding dengan membuat rak atau gantungan tempat menyusun barang-barangmu. Beberapa dapur yang dapat disusun di dinding antara lain seperti, kain lap, spatula, gelas, wajan dengan pegangan dan lain sebagainya.

Biar Lebih Semangat Masak, Yuk Ikuti Tips Membersihkan dan Merapikan Dapur!
source: https://www.idealhome.co.uk/

2. Susun Perlengkapan Berdasarkan Prioritas

Mommy tentu juga memiliki banyak perlengkapan dan peralatan dapur. Cobalah untuk menyusunnya sesuai dengan prioritas penggunaan. Dengan kata lain, barang-barang dan bahan-bahan yang sering digunakan harus diletakkan di tempat yang mudah diakses. Sedangkan untuk alat-alat yang cenderung jarang dipakai, Mommy dapat menyimpannya di dalam laci atau lemari dapur. Cara ini dapat menghindari dapur yang cepat berantakan saat mengambil perlengkapan yang akan dipakai.

Biar Lebih Semangat Masak, Yuk Ikuti Tips Membersihkan dan Merapikan Dapur!
source: http://inari.com.co/
baca juga

3. Manfaatkan Ruang Kosong di Bawah Westafel

Bawah westafel biasanya memiliki ruang kosong yang dapat dimanfaatkan dengan lebih baik. Mommy dapat memaksimalkan ruang ini untuk menjadi tempat menyimpan beberapa barang-barang besar, seperti baskom, panci, ember atau beragam benda besar lainnya. Tidak hanya itu, Mommy juga bisa meletakkan beberapa produk pembersih, termasuk kain pel, sabun cuci piring, dan sikat.

Biar Lebih Semangat Masak, Yuk Ikuti Tips Membersihkan dan Merapikan Dapur!
source: https://www.homary.com/

4. Pilih Meja Makan yang dapat Dilipat

Untuk dapur yang kecil, cobalah untuk memilih meja makan yang bisa dilipat. Meja makan seperti ini dapat membuat ruangan lebih fleksibel dan tidak memakan banyak tempat. Selain meja makan ringan, Mommy juga bisa menghubungi pengusaha furnitur untuk mendesain sendiri meja makan multifungsi yang dapat dilipat. Memilih meja makan dengan laci juga bisa membantu mengatasi dapur yang berantakan.

Biar Lebih Semangat Masak, Yuk Ikuti Tips Membersihkan dan Merapikan Dapur!
source: https://www.forbes.com/
baca juga

5. Pilih Kombinasi Warna dan Desain Dapur

Terakhir, untuk membuat dapur tidak membosankan, Mommy dapat memilih kombinasi warna atau desain ruangan dengan perabotan yang senada. Cara ini akan membuat dapur tidak terlihat penuh dan berantakan. Selain itu, penataan peralatan masak kayu yang manis atau taplak bermotif cantik dapat menjadi alternatif hiasan dapur yang memperindah tampilan dapur.