Seperti dilansir NewsDetik, mayat balita tanpa kepala ditemukan di parit, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Balita yang bernama Muhammad Yusuf Gazali (4) itu dilaporkan hilang sejak 2 minggu lalu saat dititipkan ke tempat penitipan anak dan PAUD.

Bambang, ayah Yusuf, memastikan balita tanpa kepala itu ialah anaknya berdasarkan pakaian yang dikenakan. Bambang menjelaskan anaknya dititipkan di tempat penitipan anak atau daycare yang berada di Jl AW Syahranie dan hilang sejak Jumat (22/11).

Kasus Balita Tewas Tanpa Kepala Bikin Galau, Ini Tips Menitipkan Anak di Daycare
source: https://health.detik.com/
"Ia benar ini anak saya, tadi ibu lihat pakaian yang digunakan sama dengan pakaian yang digunakan saat ia hilang di tempat penitipan anak," kata Bambang di ruang jenazah RSUD Samarinda, Kaltim, Minggu (8/12/2019) sore.
source: https://health.detik.com/

Bambang mengaku anaknya diantar ke daycare tersebut sekitar pukul 11.00 Wita. Dia lalu mendapat kabar sekitar pukul 14.30 Wita dari istrinya bahwa anaknya hilang.

"Waktu itu ibu kepala sekolah bilang anaknya hilang saat hujan deras melanda sekolah," tuturnya.

Tips Menitipkan Anak di Day Care

Kasus tewasnya balita setelah dititipkan di daycare tersebut tentu membuat para orangtua khawatir ketika ingin menitipkan anak mereka di daycare. 

Dilansir HealthDetik, Psikolog Ayu Mandari mengatakan, yang terpenting ketika menitipkan anak di daycare ataupun di rumah orang tua adalah tetap harus mengenal dan memperhatikan lingkungannya. Tidak hanya tempatnya, tapi orang-orang yang ada di sekitarnya walaupun orang itu dikenal baik oleh orang tuanya.

Tips Menitipkan Anak di Day Care
"Mau di daycare atau di rumah sekalipun, kita harus tetap mengenal dan mengetahui dengan siapa anak kita dititipkan. Aman atau tidak lingkungan sekitarnya," ujar Ayu
source: https://health.detik.com/

Selain itu, Ayu juga membagikan tips untuk para orangtua, agar tetap aman dalam menitipkan anaknya di daycare seperti kasus di Samarinda.

Orang tua harus mengenal lingkungan tempat daycare berada
Sebagai orang tua, Ayu mengatakan mereka harus mengenal lebih dulu tempat daycare tersebut. Dari segi lingkungan sekitar, kegiatan atau program apa saja yang dilakukan dalam sehari, bahkan orang yang berkomunikasi dengan anak.

Mengenal pengasuh anak
Sebagai orang tua, Moms sangat harus tahu latar belakang dari pengasuh anak. Karena mereka lah yang akan merawat anak Moms sehari penuh sampai Moms kembali dari bekerja.

Membangun komunikasi yang baik dengan orang di sekitar
Dalam membangun komunikasi dengan orang di sekitar daycare, tidak perlu juga terlalu rutin. Komunikasi antara orangtua dengan orang yang ada di sekitar daycare harus terbangun positif dan baik.

Nah Moms, jadi jangan karena merasa sudah menitipkan anak di daycare lalu Moms lepas tangan begitu saja. Semuanya tetap harus Moms ketahui agar kejadian di terulang kembali.