Obat kadaluarsa merupakan obat-obatan yang sudah melewati batas simpan. Terjadinya perubahan komposisi kimia yang terkandung pada obat kadaluarsa membuatnya menjadi kurang efektif dan sangat beresiko membahayakan kesehatan. Mengingat bahaya tersebut, tidak dapat dibenarkan untuk membuang obat-obatan kadaluarsa secara langsung karena dapat menjadi tempat bertumbuhnya bakteri bahkan sampai mencemari lingkungan.

Namun nyatanya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara membuang obat-obatan kadaluarsa dengan baik. Karena hal tersebut, banyak dilaporkan kasus penyalahgunaan obat-obatan yang penggunanya keracunan hingga berujung kematian. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa poin yang perlu Moms lakukan sebelum hendak membuang obat kadaluarsa:

Tata Cara Membuang Obat Kadaluarsa

1. Jangan Buang Obat dalam Bentuk Utuh
Cegah Penyalahgunaan, Ini Cara Tepat Membuang Obat-obatan Kadaluarsa

Moms bisa memilah terlebih dahulu obat-obatan kadaluarsa yang akan dibuang. Pisahkan berdasarkan bentuk misalnya obat sirup, kaplet, tablet, kapsul dan lain-lain lalu pisahkan juga berdasarkan kandungannya misalnya antibiotik, antihistamin, antivirus, dan lain-lain. Keluarkan obat dari kemasan lalu hancurkan kemasan beserta labelnya.

baca juga

2. Hapus Informasi dari label Resep Obat

Cegah Penyalahgunaan, Ini Cara Tepat Membuang Obat-obatan Kadaluarsa

Hal ini sangat penting untuk menjaga privasi dan melindungi informasi pribadi keluarga Moms. Tak hanya itu, menghapus informasi obat dari label resep juga dapat menghindari terjadinya penyalahgunaan obat yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

3. Campur dengan Bahan Lain

Cegah Penyalahgunaan, Ini Cara Tepat Membuang Obat-obatan Kadaluarsa

Saat hendak membuang obat kadaluarsa berbentuk padat seperti tablet dan kapsul, Moms bisa mencampurkannya dengan tanah, kotoran kucing, ampas kopi atau zat lain yang bisa menyerap obat. Hindari membuangnya langsung ke tanah karena bisa saja termakan oleh hewan seperti kucing atau anjing.

baca juga

4. Jangan Campur dengan Sampah Basah Rumah Tangga

Cegah Penyalahgunaan, Ini Cara Tepat Membuang Obat-obatan Kadaluarsa

Tempatkan obat pada plastik tertutup yang terpisah saat hendak akan membuangnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak kecil dan binatang peliharaan untuk mengoreknya dari tempat sampah.

5. Jangan Membuang Obat Jenis Sirup pada Saluran Air

Cegah Penyalahgunaan, Ini Cara Tepat Membuang Obat-obatan Kadaluarsa

Meskipun sama-sama berbentuk cair, membuang obat jenis sirup langsung ke selokan atau toilet sangat tidak dibenarkan. Hal ini karena obat yang dibuang bisa saja merusak ekosistem air sehingga dapat menyebabkan pencemaran. Terlebih untuk obat jenis antibiotik, antijamur dan antivirus yang dapat merusak dan memusnahkan hewan-hewan kecil yang menyeimbangkan ekosistem air. Caranya Moms bisa mencampurkan obat sirup dengan air terlebih dahulu lalu buang langsung beserta kemasannya dan pisahkan pada plastik yang berbeda.

Nah, itulah beberapa tata cara yang bisa Moms lakukan saat hendak akan membuang obat-obatan kadaluarsa. Semoga bermanfaat ya, Moms!