1. Memperlancar Pergerakan Usus

Alasan Penting BAB Posisi Jongkok Lebih Disarankan, Bantu Percepat Proses Melahirkan!

Beberapa penelitian membuktikan bahwa BAB dengan posisi jongkok dapat memperlancar dan membantu pergerakan usus dibandingkan BAB dengan posisi duduk. Hal ini disebabkan karena pada saat jongkok, otot puborectalis menjadi lebih rileks sehingga posisi rektum menjadi lurus dan lebih elastis. Posisi rektum yang lurus memungkinkan Moms untuk tidak mengejan secara berlebihan yang dapat melukai anus bahkan dapat memicu munculnya penyakit wasir.

2. Terhindar dari Masalah Konstipasi

Alasan Penting BAB Posisi Jongkok Lebih Disarankan, Bantu Percepat Proses Melahirkan!

Pernah merasa bahwa BAB dengan posisi jongkok lebih cepat dan mudah dibanding posisi duduk? Ternyata, BAB dengan posisi jongkok dapat mengurangi risiko konstipasi atau susah buang air besar. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, posisi jongkok membuat otot puberectalis menjadi lebih rileks sehingga posisi rektuk menjadi lurus dan lebih elastis. Saat dinding rektum mengembang, sistem saraf disekitarnya akan menimbulkan keinginan untuk melakukan defekasi atau buang air besar.

baca juga

3. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Wasir

Alasan Penting BAB Posisi Jongkok Lebih Disarankan, Bantu Percepat Proses Melahirkan!

Penyakit wasir disebabkan karena adanya pembengkakan dan peradangan pada vena dan rektum. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan pada anus bahkan menimbulkan pendarahan. Konon, toilet duduk menjadi salah satu penyebab sembelit, wasir hingga penyakit radang usus karena menutup jalan keluarnya kotoran sehingga proses BAB membutuhkan effort yang lebih. Pemicu utama timbulnya penyakit wasir adalah proses mengejan yang terlalu kuat sehingga melukai rektum dan anus.

4. Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir Bagi Ibu Hamil

Alasan Penting BAB Posisi Jongkok Lebih Disarankan, Bantu Percepat Proses Melahirkan!

Tak hanya baik untuk kesehatan, ternyata BAB dengan posisi jongkok juga dapat membantu Ibu hamil untuk mempercepat pembukaan jalan lahir. Ternyata, posisi jongkok dapat membantu memperkuat otot panggul dan mendorong posisi bayi agar turun lebih rendah hingga kepala bayi masuk ke tulang panggul. Kondisi inilah yang dapat memicu proses pembukaan jalan lahir bagi Ibu hamil.

Nah, itulah beberapa manfaat BAB dengan posisi jongkok. Meskipun terkesan sudah kuno, nyatanya BAB dengan posisi duduk sudah dilakukan oleh para Nenek Moyang kita. Bagi Moms yang memiliki toilet duduk di rumah, jangan berkecil hati. Sebab, Moms masih bisa mensiasatinya dengan memasang kursi kecil untuk menopang kaki selama BAB dengan posisi duduk.