Tanda-tanda Binge Eating Disorder

Kenali Tanda Binge Eating Disorder, Gangguan Pola Makan yang Sebabkan Obesitas
1. Cara Makan yang Lebih Cepat
Tanda pertama yang bisa dirasakan oleh penderita BED adalah cara makan yang lebih cepat dari biasanya. Memang, setiap orang memiliki cara dan lama makannya masing-masing. Namun, para penderita BED cenderung melihat makanan seperti sasaran empuk yang harus dihabiskan dengan cepat dan menghabiskan makanan dengan cepat menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Tak heran, para penderita BED sering mengeluhkan rasa tidak nyaman pada perut akibat makanan yang tidak tercerna secara sempurna.

2. Mudah Kelaparan
Secara alami, otak akan mengirim sinyal lapar ketika sudah tidak ada lagi energi yang harus dicerna oleh tubuh. Setidaknya, seseorang akan merasa lapar ketika sudah terlalu banyak berpikir atau ketika sudah melakukan aktivitas fisik yang berat. Namun berbeda dengan para penderita BED, rasa lapar ini kerap kali menghinggapi tanpa ada sebab dan akibat. Jika rasa lapar ini diabaikan, penderita BED cenderung akan makan lebih rakus dibanding sebelumnya.

3. Mudah Tergoda Makanan
Maraknya video makan besar atau terkenal dengan sebutan mukbang membuat para penderita BED semakin ganas. Pasalnya, para penderita BED sangat mudah tergoda oleh makanan sekalipun makanan tersebut hanya ada pada sebuah video. Akibatnya, para penderita BED semakin tidak dapat mengontrol nafsu makan dan cenderung ingin memakan apa yang ia lihat.

4. Tidak Memiliki Waktu Makan yang Teratur
Dalam kondisi kenyang sekali pun, para penderita BED selalu memiliki keinginan untuk makan. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, para penderita kelainan makan ini hampir selalu makan setiap 2 jam sekali tanpa henti.

5. Rendah Diri
Biasanya para penderita BED akan merasa malu karena porsi yang mereka makan lebih banyak dari orang normal. Tak hanya itu, penderita BED juga merasa sangat putus asa dalam mengontrol berat badan dan kebiasaan makan mereka. Beberapa alasan ini membuat para penderita BED lebih senang berada di dalam rumah dan jarang melakukan interaksi dengan orang sekitar.

Penyebab Binge Eating Disorder

Kenali Tanda Binge Eating Disorder, Gangguan Pola Makan yang Sebabkan Obesitas

Meskipun secara medis belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor di bawah ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami BED, di antaranya:

  1. Memiliki riwayat keluarga yang mengalami gangguan pola makan seperti bulimia, anoreksia dan lain-lain.
  2. Memiliki riwayat gangguan kejiwaan seperi depresi sehingga menjadikan makanan sebagai pelampiasan
  3. Efek obat-obatan
baca juga

Bisakah Binge Eating Disorder Disembuhkan?

Kenali Tanda Binge Eating Disorder, Gangguan Pola Makan yang Sebabkan Obesitas

Ya, penderita binge eating disorder dapat disembuhkan melalui terapi bersama psikiater dan ahli gizi yang difokuskan untuk:

  1. Memperbaiki perilaku makan pasien
  2. Memperbaiki emosi pasien sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri
  3. Membantu pasien dalam penurunan berat badan