Pola Hidup Sehat Untuk Turunkan Berat Badan


Melakukan pola hidup sehat adalah kunci utama untuk mendapatkan badan ideal dan fit seperti sebelum hamil. Kamu juga tidak perlu ragu karena takut produksi ASI berkurang atau menjadi mudah lelah karena mengurangi porsi makan saat masih menyusui.
 

Pola Hidup Sehat Untuk Turunkan Berat Badan
source: http://www.momjunction.com/


Pada dasarnya, tidak masalah jika kamu terus makan sepanjang waktu asalkan kamu tahu makanan apa yang masuk ke dalam tubuhmu. Selain itu, aktif bergerak dengan melakukan olahraga ringan juga penting. 
 

Tips Diet Sehat Setelah Melahirkan


Sebenarnya diet setelah melahirkan boleh dilakukan jika kamu tahu batasan dan ketentuannya. Beberapa artis melakukan pola hidup sehat sebagai langkah diet yang aman dan bermanfaat bagi ibu dan bayi. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjalankan pola hidup sehat agar berat badan kembali ideal serta nutrisi tubuh dan bayi tetap terpenuhi :

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Ketahui makanan bergizi yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kamu tidak perlu takut untuk makan banyak, tetapi salah makan yang perlu kamu hindari. Asupan yang perlu kamu utamakan adalah protein, serat, vitamin, dan sedikit lemak. Untuk karbohidrat dan gula tidak perlu terlalu banyak. Jadi biasakan untuk membanyakan porsi lauk dibandingkan dengan nasi. Cara ini sangat baik untuk memberikan tubuh nutrisi yang maksimal tanpa harus khawatir tubuh menjadi gemuk.
 

Tips Diet Sehat Setelah Melahirkan
source: https://www.today.com/


Banyak orang mengatakan bahwa dengan membatasi menu makanan, kamu akan kehilangan kebahagiaan dan merasa terkekang. Padahal, semua itu tergantung pada niatmu. Bukankah hidup yang sehat dengan tubuh yang fit dan ideal juga akan membuat kamu bahagia?
 

baca juga


2. Olahraga Ringan Secara Teratur

Lakukan olahraga ringan secara teratur pasca melahirkan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter dan bidan. Kemudian jangan lupa untuk menyampaikan kondisimu pada instruktur olahraga jika kamu mengikuti sanggar.
 

Tips Diet Sehat Setelah Melahirkan
source: https://www.motherandbaby.co.id/


Olahraga yang disarankan untuk ibu setelah melahirkan salah satunya adalah pilates. Olahraga ini cukup untuk memberikan ruang pada tubuh untuk relaksasi dan menjaga energi tubuh lebih maksimal. Hindari olahraga berat karena dapat menyebabkan kelelahan berlebihan. Kelelahan yang berlebihan dapat berdampak buruk pada produksi ASI-mu.
 


3. Konsisten Memberikan ASI Eksklusif

Terakhir, kamu juga perlu untuk tahu bahwa menyusui dapat membakar lemak dalam tubuh. Jadi, bagi mereka yang menganggap menyusui dapat membuat tubuh menjadi melar adalah sebuah kesalahan besar. 
 

Dengan menyusui, tubuh ibu akan membakar kalori lebih banyak dari biasanya atau sekitar 480 kalori per hari selama menyusui. Hal ini juga dapat mengatasi kelebihan lemak di sekitar perut setelah melalui proses kehamilan.
source: https://hellosehat.com/parenting/menyusui/manfaat-menyusui-bagi-ibu/


 

baca juga
Tips Diet Sehat Setelah Melahirkan
source: https://hellosehat.com/parenting/menyusui/manfaat-menyusui-bagi-ibu/


Nah, itulah beberapa tips diet sehat setelah melahirkan yang dapat segera mengembalikan bentuk tubuhmu seperti sediakala. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!