Sebelumnya, kemunculan ikan oarfish di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, ramai dibahas di media sosial. Kemunculan ikan yang tinggal di dasar laut ini dikaitkan sebagai pertanda akan terjadinya bencana gempa besar dan tsunami.

Salah satu yang mengaitkan oarfish dengan bencana adalah kepercayaan masyarakat Jepang. Legenda di Jepang, oarfish muncul untuk membawa pesan dari dasar laut. Mereka mengaitkan perilaku binatang yang tidak lazim dengan pertanda akan terjadi gempa kuat.

Muncul di Selayar, Ini 5 Fakta Ikan Oarfish yang Katanya Jadi Pertanda Gempa Besar
source: https://news.detik.com/

Namun seperti dilansir NewsDetik, Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, tidak membenarkan cerita tersebut. Daryono mengatakan, majalah ilmiah bergengsi Bulletin of the Seismological Society of America (BSSA) pernah mempublikasikan fenomena kemunculan ikan laut dalam dan kaitannya dengan peristiwa gempa besar. Hasil kajian ternyata bertentangan dengan cerita rakyat yang berkembang Jepang.

Berdasarkan kajian tersebut, diketahui kemunculan oarfish bukan sebagai pertanda akan terjadi gempa besar.

Dia mengatakan menurut teori oseanografi, naiknya biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir berkaitan dengan fenomena upwellingUpwelling adalah sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan. Dalam fenomena upwelling biasanya kemunculannya ikannya banyak.

5 Fakta Tentang Ikan Oarfish

Berikut ini fakta-fakta seputar ikan oarfish yang menarik diketahui:

Punya Tiga Jenis
Ikan oarfish adalah ikan yang tinggal di dasar laut sehingga jarang muncul ke permukaan. Ikan ini terdiri dari tiga jenis, yakni Regaleus Glesne Ascanius, (King of herrings, 1772), Agrostichthys Parkeri (Benham, 1904), dan Regalecus Russelli (Cuvier, 1816).

Bisa Dikonsumsi
Peneliti Taksonomi Ikan LIPI Teguh Peristiwady kepada detikcom pada Februari lalu mengatakan ikan oarfish pada dasarnya tidak berbahaya. Bahkan, daging ikan oarfish dapat dikonsumsi.

5 Fakta Tentang Ikan Oarfish
source: https://news.detik.com/

Habitat Asli
Berdasakan jenisnya, ikan oarfish hidup di berbagai macam lokasi. Untuk tipe Regaleus Glesne Ascanius ada di hampir semua lautan. Agrostichthys Parkeri ada di perairan Selatan seperti New Zealand, dan Regalecus Russelli ada di perairan Indo-Pasifik.

Dikaitkan dengan Gempa dan Tsunami
Kemunculan ikan oarfish sering dikaitkan dengan peristiwa Gempa dan Tsunami. Sebab, dilaporkan ada kemunculan ikan oarfish sebelum bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang dan Indonesia (Palu).

Penjelasan Ilmuwan
Profesor Iktiologi Pengkajian ikan Universitas Kagoshima, Hiroyuki Motomura mengatakan tidak ada hubungannya kemunculan ikan oarfish dengan bencana alam. Sebab, ada beberapa faktor yang memicu ikan muncul ke permukaan laut, seperti mengikuti arus laut.

Nah Moms, sekarang sudah kenal kan dengan ikan oarfish?