Melansir dari CNN, restoran di Saudi Arabia tidak lagi diharuskan untuk menyediakan pintu masuk terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Pemerintah kerajaan secara resmi mengumumkan penghentian aturan ini sejak Minggu lalu. 

Tak Lagi Terpisah, Arab Saudi Hentikan Aturan Pemisahan Gender di Restoran
source: https://www.cnn.com/

Keputusan untuk perubahan aturan ini adalah bagian dari serangkaian upaya dalam melonggarkan aturan sosial yang ketat. Negara kerajaan ini mulai ingin melakukan perubahan besar dalam memodernisasi kehidupan sosial yang sangat konservatif. Tidak bisa dipungkiri, memberlakukan aturan pemisahan gender dalam restoran menjadi salah satu yang harus diubah.

Pengumuman perubahan dilakukan pada hari Minggu oleh kementerian kotamadya dan urusan pedesaan. Pada pengumuman tersebut, dinyatakan bahwa sebelumnya adalah hal yang wajib bagi restoran dan tempat makan lainnya untuk menyediakan pintu masuk terpisah untuk wanita dan keluarga, dan untuk pria. Namun, aturan ini akhirnya dihentikan.

Tak Lagi Terpisah, Arab Saudi Hentikan Aturan Pemisahan Gender di Restoran
source: http://maltawinds.com/

Pada kenyataannya, praktik untuk aturan ini telah mengalami penurunan dalam beberapa waktu belakangan. Banyak restoran tidak menerapkan aturan pemisahan pintu masuk dan area makan berdasarkan gender. Aturan ini tentu akan menghilangkan restoran-restoran dengan segregasi gender.

baca juga

Aturan serupa telah dilakukan sejak bulan Agustus, di mana pemerintah mencabut larangan terhadap perempuan Saudi untuk bepergian ke luar negeri tanpa persetujuan wali laki-laki. Pencabutan larangan ini menunjukkan adanya kemuajian dari segi diskriminasi terhadap perempuan. 

Tak Lagi Terpisah, Arab Saudi Hentikan Aturan Pemisahan Gender di Restoran
source: https://stepcdn.com/

Sebelumnya juga terjadi sebuah reformasi di mana perempuan dapat memperoleh hak untuk mengemudi pada tahun 2017. Sejak tahun 2018, perempuan di Saudi Arabia dapat memperoleh SIM pertama mereka dan mengemudi di jalan seperti halnya laki-laki.