Saat ini, beragam metode perawatan kecantikan memang dapat dengan mudah didapatkan. Untuk mengubah bentuk dagu atau hidung, Mommy hanya tinggal melakukan filler. Untuk mempertebal alis, sulam alis dapat menjadi pilihan. Bahkan, untuk memutihkan kulit, Mommy juga bisa melakukan suntik putih atau suntik vitamin C. 

Mitos atau Fakta, Suntik Putih alias Vitamin C Sebabkan Gangguan Ginjal?
source: https://www.health.detik.com/

Akan tetapi, mengingat bahwa banyak sekali perawatan kecantikan yang ternyata memberikan risiko serius bagi kesehatan, tentu kita harus lebih waspada dalam memilih perawatan tubuh itu sendiri. Salah satu yang masih dalam perdebatan adalah suntik putih atau suntik vitamin C. Sebagian orang mengatakan bahwa suntik vitamin C atau suntik putih dapat menyebabkan gagal fungsi ginjal. Namun, apakah itu benar?

Banyak orang menganggap itu benar, apalagi membayangkan ada zat asing yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui sebuah suntikan. Akan tetapi, dikutip dari Haibunda, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa itu adalah mitos belaka.

Mitos atau Fakta, Suntik Putih alias Vitamin C Sebabkan Gangguan Ginjal?
source: https://jatimnow.com/

Dr. Reisa mengatakan, "Pada dasarnya setiap suntik putih atau suntik vitamin C, itu akan ada kandungan vitamin C dosis tinggi dan juga glutathione (biasanya isinya) dengan berbagai racikan. Bisa ada yang ditambah kolagen, asam traneksamat, dan sebagainya."

"Dan, ketika kita suntik, kita harus tahu kondisi tubuh kita. Apakah kita ternyata alergi terhadap zat-zat yang terkandung di dalamnya. Atau mungkin memang sudah ada gangguan ginjal atau gangguan hati. Atau mungkin kurang minum kondisinya. Nah, hal-hal tersebut seharunya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter ahlinya supaya tidak terjadi kesalahan," lanjutnya.

baca juga

Dengan kata lain, kandungan dalam vitamin C dalam suntik putih seharusnya tidak berpengaruh pada kondisi ginjal seseorang. Dr. Reisa juga menekankan bahwa jika kita sudah melakukan konsultasi dengan ahli yang profesional dan menjalani suntik dengan dosis yang tepat, serta memastikan obat yang disuntikan itu asli, tentu tidak akan ada masalah.

Mitos atau Fakta, Suntik Putih alias Vitamin C Sebabkan Gangguan Ginjal?
source: https://hellosehat.com/


Jadi, apakah Mommy masih ragu untuk mencoba suntik putih? Yang pasti, suntik vitamin C sama sekali tidak ada hubungannya dengan gangguan ginjal ya Moms!