Menjalani masa-masa berat depresi setelah persalinan ternyata bukanlah hal yang mudah bagi Putri Diana. Sebagai seorang putri kerajaan, ia tidak bisa memberi tahu siapa pun tentang stres dan kekhawatiran yang dialaminya setelah melahirkan. Bahkan ia harus berjuang melawan kecemasan yang dirasakannya sendirian. Namun, beberapa tahun kemudian, ia mulai membuka diri dan menceritakan masalah psikologis yang ia hadapi pasca melahirkan.

Pernah Alami Postpartum Depression, Putri Diana Sempat Lukai Dirinya Sendiri
source: https://peopledotcom.wordpress.com/

Melansir dari BrightSide, Putri Diana dikatakan pernah berbagi kisah menyentuh selama menjalani sulitnya masa-masa awal pasca melahirkan. Pada tahun 1982 ketika Putri Diana melahirkan anak pertamanya, William, ia mengalami secara langsung depresi pasca melahirkan. Jangankan menceritakan hal ini di depan publik, ia pun sulit untuk mencurahkan isi hatinya secara pribadi dengan teman dan keluarga.

Putri Diana adalah salah satu dari banyak wanita yang harus menyimpan semua kekhawatiran dan kecemasan mereka untuk diri mereka sendiri. Ia tidak memiliki kesempatan untuk melampiaskan emosi negatif mereka atau berbagi kesulitan dan kecemasan dengan siapa pun.

Ia mengaku di masa-masa itu ia merasakan beratnya beban menjadi seorang istri, seorang ibu, dan Puteri bagi rakyatnya dalam satu waktu. Ia bahkan sempat berputus asa karena tidak lagi sanggup menanggung kekhawatiran dan beratnya pikiran negatif yang ia miliki.

Pernah Alami Postpartum Depression, Putri Diana Sempat Lukai Dirinya Sendiri
source: https://www.cheatsheet.com/

Dilansir dari PostpartumProgress, Putri Diana berkata, "kehamilan yang (saya jalani) cukup sulit. Saya (merasa saya) belum melakukannya dengan baik. Jadi pada saat William lahir, itu menjadi hal yang sangat melegakan karena semuanya damai lagi, dan saya (merasa) baik-baik saja untuk sementara waktu."

baca juga

"Kemudian saya (mulai) merasa tidak enak badan dengan depresi pascakelahiran, yang tidak seorang pun pernah membahas, (tentang) depresi pascakelahiran. Kalian harus membacanya setelah itu, dan itu adalah merupakan waktu yang sulit. Kalian harus bangun di pagi hari (saat) merasa tidak ingin bangun dari tempat tidur, kalian (juga) merasa disalahpahami, dan kalian merasa rendah diri dalam kondisi yang sulit dijelaskan," ungkap wanita yang dikenal dengan panggilan Lady Diana.

Pernah Alami Postpartum Depression, Putri Diana Sempat Lukai Dirinya Sendiri
source: http://www.fanpop.com/

Tidak hanya itu, Putri Diana juga melalui masa-masa yang sulit hingga ia pun mulai melukai dirinya sendiri. Ia mengaku bahwa ia mulai melukai lengan dan kakinya sendiri untuk dapat mengekspresikan luka hatinya yang selama ini tidak pernah terungkapkan.

Bagaimana pun itu, postpartum depression memang sebuah kenyataan yang dialami sebagian besar wanita. Jika Mommy merasa memilikinya, jangan pernah menyepelkan untuk mencari bantuan. Terbukalah pada pasangan untuk dapat mencari solusinya bersama. Jangan sampai masalah ini berlanjut dan semakin parah karena tidak diatasi sedini mungkin.