Apakah Itu Asam Folat?


Pada dasarnya, asam folat adalah bentuk dari vitamin B kompleks yang memiliki sifat larut dalam air. Zat ini memiliki peran penting dalam membangun fungsi tubuh karena asam folat memiliki banyak manfaat, mulai dari memproduksi DNA sampai berperan dalam pembentukan sel darah merah.
 

source: http://www.alodokter.com/


 

Manfaat Utama Asam Folat


Asam folat memiliki banyak sekali manfaat, akan tetapi ia memiliki beberapa manfaat utama khususnya bagi ibu hamil. Nah, berikut ini adalah daftar kebaikan yang akan didapatkan oleh ibu dan janin dalam kandungan jika kebutuhan asam folat terpenuhi dengan baik :

  • Proses Pembentukan Sel Tubuh Dan Transfer Sel Pembawa Kode Genetik Berjalan Dengan Baik

Asam folat memiliki peranan penting dalam pembentukan sel tubuh janin dalam kandungan. Zat yang juga merupakan senyawa protein ini sangat penting dalam membantu proses pembentukan sel darah merah serta proses produksi DNA. Dengan kata lain, asam folat benar-benar nutrisi utama dalam perkembangan janin di masa kehamilan.

  • Menghindari Gejala Anemia

Fungsi asam folat terhadap pembentukan sel darah merah juga dapat membantu ibu dalam mencegah gejala anemia. Jika seorang ibu kekurangan nutrisi asam folat, produksi sel darah merah akan berkurang bahkan berada di bawah normal. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan anemia. 

  • Mencegah Bayi Lahir Cacat 

Seperti yang kita ketahui bersama, proses pembentukan serta perkembangan saraf pusat pada otak sudah berjalan sejak awal manusia tumbuh dalam kandungan. Proses ini dibantu dengan keberadaan zat asam folat yang sangat berperan penting dalam mencegah risiko kecacatan pada otak atau gangguan pada susunan saraf pusat. 

 

source: http://www.alodokter.com/


 

baca juga

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi


Pada dasarnya, kamu dapat memenuhi kebutuhan asam folat dengan cara alami, yaitu melalui konsumsi makanan dengan bergizi tinggi. Nah, beberapa bahan makanan dengan kandungan asam folat tinggi di antaranya:

  • Sayur-sayuran hijau (bayam, asparagus, brokoli, kubis, sawi hijau, lobak hijau, dan selada.)
  • Buah-buahan (alpukat, buah bit, jus jeruk, jus tomat, pepaya, pisang, cantaloupe atau melon jingga.)
  • Kedelai dan kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, Brussel sprout.)
  • Biji-bijian (gandum dan produk olahan gandum (pasta), jagung atau tepung jagung, dan sereal.)
  • Makanan kaya protein (Ikan salmon, Hati sapi, Susu dan produk olahannya, Daging unggas, seafood, Telur.)
source: http://momabc.net/


Jadi, pastikan asupan asam folatmu tetap terpenuhi dengan baik, ya. Ingat, asam folat adalah nutrisi terpenting untuk tumbuh dan kembang bayimu.