1. Gereja di Masa Awal Tidak Memasang Pohon Natal

5 Fakta Menarik Pohon Natal, Sempat Dikritik Hingga Sebabkan Kebakaran
source: https://www.historytoday.com/

Melansir dari Mentalfloss, pohon cemara dulunya dipandang sebagai sebuah simbol dari hedonistik dan kekafiran yang tidak ada hubungannya dengan hari raya keagamaan. Pada tahun 1647, pendeta Johann Conrad Dannhauer dari Katedral Strasbourg mengkritik pohon cemara sebagai "permainan anak-anak" yang mendapatkan lebih banyak perhatian "daripada firman Tuhan dan ritual suci."

Di AS, gubernur puritan William Bradford juga mengkritik pohon cemarah sebagai simbol kekafiran. Namun, pandangan ini berubah ketika tradisi berlanjut, di mana pemimpin gereja memutuskan bahwa jika mereka tidak dapat menghilangkan pohon-pohon yang didekorasi, mereka akan melibatkannya sebagai bagian dari perayaan Natal mereka sendiri.


2. Pasar Pohon Natal Pertama di Tahun 1851

5 Fakta Menarik Pohon Natal, Sempat Dikritik Hingga Sebabkan Kebakaran
source: https://www.wonderopolis.org/

Akan sulit jika harus menebang pohon cemara untuk bisa mendapatkan pohon Natal sendiri di rumah. Namun, tradisi menebang pohon cemara sudah mulai berubah pada tahun 1851, ketika seorang penebang giat dari Pegunungan Catskill New York menjual pohon-pohon cemara dan membawanya ke Pasar Washington Kota New York. Pohon-pohon yang dipanen, siap dipasang di ruang tamu dan didekorasi. Bisnis ini pun terus berkembang karena ternyata memiliki banyak peminat di mana hiasan Natal tidak lagi merepotkan bagi banyak orang.

baca juga


3. Hadiah Natal Digantung pada Dahan Pohon Natal

5 Fakta Menarik Pohon Natal, Sempat Dikritik Hingga Sebabkan Kebakaran
source: https://www.dhresource.com/

Pada dekade-dekade pertamanya di Amerika Serikat, hadiah Natal biasanya tidak diletakkan di bawah pohon Natal, melainkan digantung pada dahan-dahannya. Jadi, pohon Natal itu sendiri dihiasi dengan hadiah-hadiah, permen, dan coklat yang menggantung di sekitar dahan dan daunnya. Dengan begitu, anak-anak dapat "memetik" hadiah dan camilan kesukaan mereka dari pohon tersebut. 


4. Risiko Kebakaran

5 Fakta Menarik Pohon Natal, Sempat Dikritik Hingga Sebabkan Kebakaran
source: https://www.wikimedia.org/

Sejak awal populartitasnya, pohon Natal beberapa kali menjadi sumber bencana kebakaran. Pasalnya, sebelum lampu listrik mulai ditemukan untuk menghiasi pohon Natal, banyak keluarga memasang lilin terbuka di pohon-pohon mereka untuk menghiasi pohon mereka. Tidak heran jika di pagi harinya banyak pemberitaan mengenai kebakaran yang disebabkan oleh pohon Natal.

baca juga


5. Bisnis yang Besar

5 Fakta Menarik Pohon Natal, Sempat Dikritik Hingga Sebabkan Kebakaran
source: https://www.theatlantic.com/

Terakhir, perlu diingat pula bahwa bisnis pohon Natal adalah bisnis yang sangat besar. Setiap tahunnya, terjual sekitar 25–30 juta pohon Natal di Amerika. Tentu jumlah ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pohon Natal yang terjual di seluruh dunia. Berdasarkan data dari National Christmas Tree Association, industri pohon ini menghasilkan hingga $ 1 miliar. Wow! Hebat, ya!